5 Tips Menjaga Stamina dan Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

5 Tips Menjaga stamina dan meningkatkan fokus saat puasa

Zonamikir.comHallo sobat mikir. Gimana puasanya? Aman? masih mikir? hehehe. Ketika puasa, anda diharuskan menjaga stamina agar bisa tetap bekerja atau belajar. Tapi, Apa yang anda rasakan ketika puasa? Gabungan rasa lapar, haus, dan ngantuk saat puasa kerap kali membuat kita sulit konsentrasi saat jalankan rutinitas. Beberapa hal harus kita perhatikan agar kita tetap dalam kondisi yang fit dan siap untuk beraktifitas.

Walau sedang berpuasa, agar kita bisa menjaga stamina dan konsentrasi, tubuh tetap harus terpenuhi hak nya, istirahatlah 5-7 jam dalam sehari. Lalu, Tentukan makanan dengan index glikemik rendah saat sahur, misalnya alpukat, pisang, sayur bayam, ikan, dan telur. Dibanding minum teh atau kopi saat sahur, akan lebih baik jika kita memperbanyak minum air putih. Teh dan kopi malah bisa percepat dehidrasi dan merusak fokus.

Gabungan rasa lapar, haus, dan ngantuk saat puasa kerap kali membuat kita sulit menjaga stamina dan konsentrasi saat bekerja atau belajar. Bukannya bekerja atau belajar, kita malah disibukkan dengan melihat jam dan berbisik dalam hati “kapan buka ya” atau kita curi-curi kesempatan agar bisa tidur di kala bos tidak memperhatikan, Hmmm, jangan ditiru ya. Akhirnya, pekerjaan jadi tidak terurus dan justru membuat Anda harus kerja lembur. Lalu, bagaimanakah cara menjaga stamina dan tingkatkan fokus saat puasa Ramadhan? Silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Tips Menjaga Stamina dan Meningkatkan Fokus saat Puasa

Zona MIkir-Fokus Kepada Tujuan

Puasa Ramadhan seharusnya bukan rintangan untuk Anda untuk bekerja atau belajar. Walau sedang berpuasa, Anda pasti dapat menuntaskan pekerjaan dengan stamina yang terjaga dan penuh fokus, sehingga berbuah hasil yang optimal.
Berikut ini merupakan lagkah-langkah untuk menajga stamina dan tingkatkan fokus saat puasa Ramadhan, salah satunya:

Tidur yang Cukup

meningkatkan fokus- Zona Mikir

Coba ingat kembali, apa tadi malam Anda cukup tidur? Jika jawabnya tidak, itu bisa menjadi salah satu pemicu Anda sulit fokus di kantor ini hari.

Kurangnya stamina dan kurangnya fokus saat puasa dapat disebabkan karena kekurangan tidur. Bila Anda tidur kurang dari 5-7 jam tiap malam, otak akan terus tertarik untuk berada di gelombang delta. Saat otak berada di level delta, Anda menjadi kurang responsive dan mengakibatkan stamina kurang dan susah konsentrasi saat terjaga.

Untuk menjaga stamina dan tingkatkan fokus saat puasa, yakinkan selalu untuk tidur memadai tiap malam. Baiknya, orang dewasa memerlukan waktu tidur 5-7 jam. Kerjakan terus tiap hari untuk membuat rutinitas tidur yang bagus pada bulan Ramadhan. strateginya adalah setelah terawih, jangan membuat kegiatan terlalu banyak seperti main catur dengan dewa kipas. Atau menonton persib yang kalah dari persija. ohohoho.. Tidurlah lebih cepat.

Menu Sahur yang Tepat

Menu Sahur Yang Tepat- Meningkatkan Fokus- Zona MIkir

Agar Anda dapat menjaga stamina dan semakin konsentrasi dan fokus saat bekerja, lihat menu sahur Anda tiap hari. Secara klinis, ada tipe makanan tertentu yang bisa tingkatkan fokus saat puasa, lho!

Makanan dengan index glikemik rendah disebut bisa menolong tingkatkan fokus dan ingatan lebih lama 2 jam dibanding makanan lainnya. Index glikemik ialah score angka yang menentukan berapa cepat makanan diganti jadi gula darah. Jika angkanya semakin kecil, maka kandungan gula darah tidak cepat naik dibanding makanan dengan index glikemik tinggi.

Bermacam menu sahur yang bisa tingkatkan fokus saat puasa ialah alpukat, pisang, sayur bayam, ikan, dan telur. Misalnya Ikan tuna atau salmon, keduanya memiliki kandungan asam amino yang mampu membuat otak lebih berkonsentrasi dan tetap tajam dalam waktu yang lama. Begitupun dengan telur, memiliki kandungan kolin yang bisa tingkatkan kesehatan membran sel otak.

Anda dapat memproses tipe makanan itu ke hidangan sehat dan mengenyangkan. Misalnya membuat juice alpukat, smoothies pisang, sayur bayam bening, atau telur dadar. Dengan begitu, menjaga stamina dan konsetrasi bukanlah hal yang mustahil.

Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak air putih- Meningkatkan Fokus- Zona MIkir

Perbanyak minum air putih bisa juga menolong menajga stamina dan tingkatkan fokus saat puasa. Selain menghindakan dari dehidrasi, konsumsi air putih berguna juga untuk jaga performa otak yang berkaitan dengan fokus.

Tapi, menurut beberapa referensi,bukan berarti saat sahur anda minum berlebihan ya. Hal tersebut justru akan membuat anda akan sering buang air kecil di pagi hari, hal tersebut hanya akan membuat anda cepat dehidrasi. Jadi caranya adalah dengan menyempurnakan kebutuhan minum diantara buka dan sahur, Sedangkan saat sahur, minum saja secukupnya.

Saat otak mengetahui ada kekurangan cairan pada tubuh, otak akan meresap cairan dari organ badan yang lain. Hal ini Mengakibatkan, otak jadi tidak konsentrasi dan susah fokus saat bekerja. Tubuh Anda juga mulai berasa lemas dan memperlihatkan pertanda dehidrasi.

Jauhi minum banyak kopi atau teh saat sahur. Bukannya stamina terjaga dan tingkatkan fokus saat puasa, minum kopi atau teh malah dapat membuat Anda cepat dehidrasi. Yang ada, Anda justru makin sulit fokus sepanjang berpuasa Ramadan.

Olahraga Teratur

Olahraga Teratur- Meningkatkan Fokus- Zona MIkir

Dengan olahraga teratur, daya tahan tubuh akan meningkat. olahragapun bisa jadi salah satu langkah menjaga stamina dan fokus saat puasa Ramadhan. Olahraga bisa memacu pelepasan factor neurotropik (satu bahan kimia di otak yang berperanan penting pada memory dan evaluasi). Zat kimia itu sanggup tingkatkan peranan otak dan menolong Anda fokus saat puasa pada bulan Ramdhan.

Menurut sebuah laporan dari University of Illinois, olahraga aerobik sanggup menggairahkan kerja otak berkaitan dengan fokus. Dengan olahraga saat puasa, badan tidak sekedar sehat dan bugar tetapi juga anda akan mampu berkonsentrasi saat bekerja.

Tidak perlu memforsir diri untuk olahraga terlampau keras. Cukup kerjakan olahraga enteng seperti berjalan kaki, naik tangga, naik sepeda, yoga, atau tipe olahraga favorite Anda. Melakukan olahraga yang bersifat cardio hanya akan merusak badan. Hindari hal tersebut.

Ingat, cuman Anda sendiri yang sanggup pahami berapa kuat Anda lakukan olahraga saat puasa. Cepatlah stop bila badan mulai berasa lemas atau ada pertanda dehidrasi saat puasa.

Jauhi Hal yang Mengganggu Konsentrasi

Jauhi hal yang mengganggu- Meningkatkan Fokus- Zona MIkir

Kalau lihat judulnya, hmmm, enak ya, kita jangan mikir keras kali ya? hehe. Begini, Kadang anda jadi sulit fokus atau konsentrasi karena ada masalah di luar. Entahlah itu suara pemberitahuan smartphone, terlampau asyik buka account sosial media, dan lain-lain.

Untuk menjaga stamina dan tingkatkan fokus saat puasa Ramadhan, jauhi beberapa hal yang mengusik fokus Anda. Senyapkan pemberitahuan semua group atau bila perlu, anda dapat matikan hp Anda beberapa waktu. Ini bisa menolong menahan rutinitas Anda memeriksa smartphone di antara jam kerja.

Daripada memeriksa smartphone, coba ke luar ruang sesaat saat pemikiran mulai berasa jemu atau bosan. Anda bisa lakukan tehnik pernafasan, jika mata perih karena bekerja, anda bisa menutup mata sesaat. Hanya sesaat ya, jangan kebablasan. Atau anda bisa hanya sekedar jalan-jalan keluar untuk meyegarkan pemikiran. Anda juga bisa mendengarkan musik kesukaan anda atau mengobrol ringan dengan rekan kantor mengenai menu berbuka puasa atau mantan kekasih, ups.

Tetapi ingat, pastikan waktu selingan tersebut bersifat sesaat saja. Lakukan hanya sekitar 3-5 menit saja, saat pikiran anda mulai terasa fresh, mulailah untuk bekerja kembali.

Jika hal-hal di atas anda lakkukan, dijamin dapat menolong anda untuk menjaga stamina dan tingkatkan fokus Anda sepanjang berpuasa Ramadhan.

Ramadhan bukan waktunya malas-malasan ya, kita harus tahu juga cerita Rasulullah yang melakukan perang badar saat berpuasa loh.

Selamat berpuasa. Mari kita lakukan tips di atas untuk tetap menjaga stamina dan konsentrasi kita. terakhir, Semoga Amal ibadah kita diterima oleh Allah. Aamin

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *