Love Your Self !!! Pentingnya Self Love Mencintai Diri Sendiri untuk Kamu !

self love mencintai diri sendiri

Self love mencintai diri sendiri – Halo sobat zonamikir ! Bagaimana kabarnya hari ini? Apakah lebih baik dari hari-hari sebelumnya? Semoga saja yaa, kalau belum baik mimin do’ain segera membaik, kalau dirasa sudah baik, tentunya semoga lebih baik lagi.

Sobat zonamikir pasti sudah tidak asing dengan istilah ‘self love’ atau kalau dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘mencintai diri sendiri’.

Baca Juga : Pengertian Belief System dan Cara Memanfaatkannya

Seberapa Pentingnya sih ‘self love’ mencintai diri sendiri dalam kehidupan kita?

self love mencintai diri sendiri

Sobat zonamikir ‘self love’ itu penting banget dalam kehidupan kita lho. Kenapa coba? karena ketika sobat sudah mencintai diri sendiri, maka dalam menjalani kehidupan akan lebih menerima apa yang telah Allah SWT takdirkan. Maksudnya gimana tuh?

Jadi gini, ketika kita mencintai diri sendiri kemudian kita bertemu dengan kegagalan, kesusahan, cobaan dan rintangan kita akan menerima dan menjalaninya. Karena kita yakin diri kita mampu untuk melewati semua itu. Berbeda dengan orang yang belum mencintai diri sendiri, jangankan saat sedang ditimpa oleh cobaan dan godaan, saat diberi kenikmatan saja orang yang tidak mencintai diri sendiri akan mengeluh dan tidak bersyukur.

Karena didalam keyakinannya apa yang ia dapatkan tidak sesuai dengan apa yang inginkan. Dan saat seseorang yang belum mencintai diri sendiri ditimpa oleh suatu masalah maka, dirinya akan menyalahkan dirinya sendiri yang tidak mampu untuk melalui masalah itu.

Baca Juga : Gara-Gara Berani Hadapi Tantangan Komen Status Facebook, dapat 100 juta Pertama

Tahap Terpenting dalam Proses Self Love

self love mencintai diri sendiri

Dalam proses mencintai diri sendiri sobat zonamikir harus mengetahui terlebih dahulu “who am i?” sebenernya siapa sih aku yang sebenarnya?

Sobat zonamikir harus tahu dimana kelebihan dan kekurangan yang telah Allah tentukan di dalam diri sobat masing-masing. Karena sudah pasti setiap manusia yang lahir ke dunia telah Allah tentukan kelebihan serta kekurangnnya. Jadi gak ada alasan untuk tidak bersyukur, tidak ada alasan untuk mengeluh, tidak ada alasan untuk membenci diri sendiri.

Sama seperti mimin dulu, saat menginjak bangku SMP mimin orang yang tertutup, dan sulit untuk bergaul dengan banyak orang, lebih suka menyendiri dan menulis diary wkwk. Tapi dalam bidang akademis khususnya matematika mimin cukup baik, sehingga saat ada acara perlombaan antar kelas mimin didaftarkan mengikuti lomba olimpiade matematika.

Panik gak panik gak? Panik lah massa nggak. Ini serius lho sobat, meskipun mimin suka dalam pelajaran matematika meski yaa gak mahir-mahir banget, tetep aja kalau dihadapkan dengan kompetisi semacam itu rasa takutnya membludak.

Uniknya dan memang sudah ditakdirkan oleh Allah, mimin juga mengikuti lomba cipta baca puisi saat itu. Saat olimpiade matematika di hari pertama, benar saja soalnya tidak ada satu soalpun yang mimin paham wkwk. Karena posisinya mimin saat itu kelas 7 dan harus bersaing dengan kelas 8 dan 9, yaa tamatlah sudah.

Beres ngerjain semua soal yang dijawabnya asal-asalan mental mimin langsung down. Mimin ngerasa bahwa mimin gak mampu untuk melakukan apapun. Semua hal yang dilakuin rasanya percuma karena ngerasa bahwa diri sendiri gak mampu dan banyak banget kekurangannya, ditambah jiwa introvert yang mendarah daging jadi menyendiri dan gak berani untuk sharing ke orang lain.

Baca Juga : Sudah Tahu Jika Mindset adalah Faktor Terbesar Orang-Orang Sukses? Pelajari Selengkapnya!

Setelah ngelamun dan nge-down-nge-down-an di sekolah akhirnya pulang kerumah. Kebetulan, ayah lagi ngeberesin file-file akta kelahiran, karena kalau gak salah saat itu adek mau daftar SD. Masyaa Allahnya mimin nemuin sertifikat juara lomba puisi waktu mimin kelas 2 SD. Disitulah mimin flashback dan akhirnya sadar kalau masih ada kesempatan untuk menang di bidang yang lain.

Mendadak semangat langsung memuncak, inspirasi datang dengan cepat, dan jadilah satu karya puisi mengenai Palestina. Keesokan harinya mimin berlomba lagi dibidang yang mimin sukai yakni cipta baca puisi, semua Alhamdulillah saat itu berjalan lancar. Tiba di hari pengumuman juara, memang mimin tidak menjuarai lomba olimpiade matematika, tapi alhamdulillah mimin menjuarai lomba puisi di posisi pertama dan menjadi satu-satunya perwakilan kelas yang mendapat juara.

Hikmah dari cerita mimin adalah saat kita menerima apa kekurangan kita semua akan terasa indah-indah saja. Kita tidak perlu membanding-bandingkan diri kita dengan siapapun. Ini kita, apapun kekurangan yang kita miliki adalah keputusan terindah dan terbaik Sang Illahi Robbi. Yakinkan, bahwa pada setiap manusia PASTI mempunyai kelebihan meskipun hanya 1. ‘

Baca Juga : Rahasia Penting dalam Hidup ! Pentingnya Public Speaking dalam Kehidupan

Love Your Self !!!

Love your self

Tugas kita sebagai manusia,bukan untuk mencaci, membanding-bandingkan, menghujat kelemahan diri sendiri ataupun orang lain. Kelebihan kita jadikan jalan menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Kekurangan kita jadikan pendorong semangat dan menjadikan alasan untuk sadar bahwa kita adalah manusia yang tidak akan pernah luput dari kurang dan dosa.

Pada dasarnya dan cara paling sederhananya self love mencintai diri sendiri adalah menerima. Menerima kekurangan, menerima kelebihan, menerima takdir Tuhan, menerima cobaan dan menerima lainnya. Kalau sobat sudah bisa sepenuhnya mencintai diri sendiri, mau dipertemukan dengan kegagalan sebesar apapun sobat tidak akan pernah bertemu dengan kata menyerah.

Mengapa begitu?

Karena sobat yakin, sebesar apapun kegagalan bukan kesalahan diri sendiri namun, cara dan strategi yang kurang tepat. Jangan salahkan orangnya, namun strategi dan caranya munkin yang kurang baik. Orang yang sukses itu sebenarnya bukan orangnya, tapi kegigihannya, caranya, strateginya, kesabarannya dan caranya menerima kegagalan tersebut.

So.. setelah membaca tulisan ini.

Mulai sekarang tidak ada alasan untuk sobat tidak self love mencintai diri sendiri. Mulai menerima kekurangan dan kembangkan kelebihan yang sobat miliki okayy..

Jangan lupa tinggalkan komentar sobat di bawah yaa.. boleh tanya-tanya ataupun berbagi kisah tentang self love mencintai diri sendiri.

See you in the next article !!!

Baca Juga : 10 Cara Paling Efektif dan Terbukti untuk Bangkit dari Kegagalan

Follow Us : @zonamikir._

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *