Ini Dia 8 Ide Peluang Usaha di Desa Tanpa Modal Besar yang Bisa Anda Coba

peluang usaha di desa tanpa modal

Tidak perlu pindah ke kota hanya untuk memulai usaha. Saat ini, peluang usaha di desa sangatlah banyak. Dengan kemajuan informasi dan teknologi maka banyak hal yang bisa dilakukan dari desa. Bahkan, jarak yang dulu sering kali jadi masalah kini bukanlah sesuatu yang perlu untuk Anda khawatirkan. Ini dia 8 ide peluang usaha di desa tanpa modal besar.

Dengan kemajuan zaman, kesempatan dan peluang usaha di desa menjadi semakin besar. Bahkan peluang untuk usaha rumahan di desa pun menjadi semakin besar. Dengan terbukanya kesempatan ini maka kini tidak perlu lagi pergi ke kota hanya untuk mencari peruntungan

Baca Juga : Ide dan Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Ide dan Peluang Usaha di Desa

peluang usaha di desa

Saat ini program pemberdayaan desa makin giat untuk dilakukan. Hal ini tentu untuk menambah daya saing desa. Selain bisa memanfaatkan potensi yang ada di desa, program ini juga banyak menyediakan modal usaha bagi mereka yang ingin memanfaatkan peluang usaha rumahan di desa.

Setidaknya ada beberapa ide usaha yang bisa Anda lakukan dari desa. Beberapa peluang usaha di desa tersebut antara lain adalah :

1. Usaha Pulsa dan Token Listrik

peluang usaha di desa

Salah satu usaha dari desa yang bisa Anda coba adalah pulsa dan token. Saat ini kedua hal ini merupakan hal penting yang hampir semua orang butuhkan. Dengan kemajuan teknologi di mana hampir semua orang memegang smartphone, maka tentu saja pulsa merupakan sesuatu yang akan mereka perlukan.

Selain itu, token listrik juga menjadi suatu kebutuhan yang pasti banyak membutuhkan. Sudah banyaknya orang yang menggunakan listrik pra bayar menjadi alasan mengapa bisnis ini menjadi sesuatu yang menjanjikan. Selain itu, bisnis ini juga termasuk ke dalam bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil.

2. Usaha Makanan

peluang usaha di desa

Semua orang pasti butuh makan. Inilah mengapa usaha makanan selalu menjanjikan pasar yang luas. Termasuk di desa. Anda bisa membuka usaha makanan seperti warung nasi yang menyediakan menu dan lauk lengkap atau juga Anda hanya membuka usaha makanan dengan menu tertentu seperti ayam atau ikan goreng.

Selain itu, usaha makanan ini juga merupakan peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba dengan menjajakan makanan – makanan ringan. Anda bisa menjual seperti cemilan atau kue – kue.

3. Usaha Ternak

peluang usaha di desa

Salah satu jenis usaha yang identik dengan desa adalah peternakan. Tentu ini juga merupakan peluang usaha yang bisa Anda coba. Terutama jika desa Anda memiliki wilayah yang cukup luas, maka potensi tersebut bisa Anda manfaatkan.

Dari mulai ternak sapi, kambing, ayam, atau yang lainnya. Pasarnya pun sudah jelas. Anda bisa menjual ke pasar di sekitar desa atau bahkan Anda bisa menjualnya ke pasar yang ada di kota.

Meskipun terbilang membutuhkan modal yang tidak sedikit dan butuh keahlian khusus, tetapi usaha ini juga menjaniikan hasil yang sangat menggiurkan. Kebutuhan akan hewan ternak tersebut yang selalu ramai menjadi salah satu penyebabnya.

4. Usaha Pertanian

Selain peternakan, peluang usaha di desa yang tentu saja menjanjikan adalah pertanian. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, tentu usaha ini akan memiliki pasar dan konsumen yang sangat jelas. Bidang pertanian yang bisa Anda coba pun cukup banyak. Dari mulai padi, kentang, ataupun jagung.

5. Menjual Jasa

Terutama jika Anda memiliki keahlian tertentu, maka hal tersebut tentu bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang bisa Anda manfaatkan. Misalkan Anda memiliki keahlian service kendaraan, service elektronik, service komputer ataupun keahlian lainnya.

Anda bisa membuka usaha dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki tersebut. Untuk memulai usaha ini juga biasanya modal yang Anda perlukan tidak terlalu besar. Selain itu, saat ini juga sudah banyak perbankan yang menyediakan pinjaman untuk modal usaha.

Baca Juga : Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Kini

6. Membuka Warung atau Toko

v

Peluang usaha lainnya yang juga bisa Anda coba adalah dengan membuka warung atau toko. Anda bisa menjual barang kebutuhan sehari – hari seperti sembako, alat mandi dan kebersihan, ataupun beberapa kebutuhan lainnya.

Warung dan toko juga masih merupakan sesuatu yang menjanjikan. Terutama jika desa Anda belum memiliki banyak minimarket. Ini merupakan sesuatu yang menjanjikan, apalagi jika Anda bisa menjual dengan harga yang bersaing.

7. Membuka Rental atau Penyewaan

peluang usaha di desa

Peluang usaha di desa lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuka rental. Anda bisa membuka rental seperti rental komputer, rental game, atau bahkan rental mobil. Khusus untuk rental mobil, bahkan Anda bisa mendapatkan konsumen yang sangat luas.

Terutama jika desa Anda merupakan desa yang menarik bagi banyak orang. Misalnya jika di desa Anda banyak tempat wisata. Maka menyediakan jasa rental ini menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan. Tidak hanya jasa sewa mobil, namun Anda juga bisa menyediakan jasa sewa tempat tinggal sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

8. Jasa Antar Barang

peluang usaha di desa

Tren belanja online tidak hanya ada di kota. Bahkan di desa belanja online juga sudah menjadi tren. Ini tentu bisa menjadi salah satu peluang usaha untuk Anda dengan menyediakan jasa antar barang. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi yang sudah ada untuk membuka tempat di desa Anda.

Dengan banyaknya orang yang melakukan antar barang maka usaha ini juga menjadi semakin menjanjikan. Usaha ini juga cocok untuk Anda yang sudah mengenal desa Anda dengan baik.

Itulah beberapa peluang usaha di desa yang bisa Anda manfaatkan. Selain banyaknya peluang tersebut, membuka usaha di desa juga relatif memiliki persaingan yang lebih mudah. Hal ini karena belum banyak orang yang membuka usaha serupa. Selain itu dengan membuka usaha di desa juga bisa membantu untuk memberdayakan desa tersebut.

Nah..ini dia 8 ide peluang usaha di Desa tanpa modal besar. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekan yaaa..

Baca Juga : 3 Cerita Inspiratif Singkat Pilihan Penuh dengan Kisah Moral

 

 

 

 

 

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *