Nilai Dasar: Motor Penggerak dalam Bertindak

Nilai Dasar

Kembali lagi bersama zonamikir.com– Apakabar hati? Apakah sudah move on dari mantan atau masih terperangkap dalam kenangan?

Kabar pikiran gimana? Semoga baik-baik saja, bersama zonamikir kita buat otak kita semakin tajam dan berkualitas.

Ada yang sudah tahu apa itu nilai dasar? mmppp, ini bukan nilai minimal dalam pelajaran ya. Sangat berbeda. Tidak ada kaitannya dengan nilai raport, jika ada pun, perlu cocoklogi yang panjang.

Kita masih di bahasan yang erat kaitannya dengan mindset. Kita tahu bahwa mindset memiliki 3 komponen inti, yaitu: paradigma, keyakinan dasar dan nilai dasar. Kini saatnya kita membahas tentang nilai dasar.

Definisi Nilai Dasar

Nilai dasar adalah batasan-batasan yang memagari seseorang dalam bertindak. Nilai dasar bisa juga berarati hal-hal yang menjadi panduan dalam bersikap dan mengambil keputusan.

Sama seperti rumah, nilai dasar ibarat batasan-batasan tanah milik anda, batasan tersebut menjadi patokan, wilayah mana saja yang boleh anda bangun untuk rumah.

Atau seperti syariat Islam, ketika Islam melarang umatnya untuk meminum minuman keras, maka seorang muslim tidak boleh meminumnya.

Nilai dasar memberikan keyakinan kepada dirinya, jika ia melanggar apa yang menjadi prinsip utamanya, maka hal buruk akan menimpanya.

Memang tidak mudah untuk membedakan antara paradigma, keyakinan dasar dan nilai dasar. Tapi pada prinsipnya bahwa ketiganya menjadi komponen mindset.

Nilai dasar adalah prinsip-prinsip dasar yang dipegang seseorang. Nilai dasar tersebut yang dianggap orang tersebut dapat menyelamatkannya, atau membuatnya bertahan hidup, atau bermanfaat, atau bahagia.

Cara Menentukan Nilai Dasar

Mari kita berangkat kepada contoh supaya semua menjadi mudah. Jika ada yang mengatakan “yang penting untuk gua adalah bisa bahagia”, maka nilai dasarnya adalah Bahagia.

Ada yang mengatakan “Aku harus bermanfaat”, maka nilai dasar tersebut adalah bermanfaat. Dengan nilai dasar tersebut, dimanapun ia berada, maka ia akan berusaha agar ia bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Contoh lainnya adalah “yang penting buat gue adalah gue tenang”, artinya orang ini memiliki nilai dasar tenang. Arti tenang nya pun tergantung dirinya sendiri. Tenang bisa diartikan tidak bising secara suara, tidak ingin ada keributan dari suara-suara yang tidak dikehendakinya.

Nilai Dasar yang Membangun

Apakah kamu sudah bisa memahami apa itu Nilai dasar?

Contoh lain dari nilai dasar seperti:

“Aku harus sejahtera”

“Aku Harus disiplin”

“aku harus bertanggung jawab”

“aku harus berkembang”

dan lain-lain.

Sekali lagi, nilai dasar ini menjadi panduan seseorang untuk bergerak. Untuk itu, kita harus memilih nilai-nilai dasar yang itu positif dan baik.

Caranya adalah dengan mempertanyakan ke diri sendiri apa tujuan utama kamu hidup? bagaimana kamu akan menjalaninya? apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan? Apa masalah terbesarmu? Apa penghambat terbesarmu dalam berkembang? sumber daya apa yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuanmu?

Jika semua itu bisa kamu jawab dengan baik, maka kamu akan mendapatkan kesimpulan yang mengerucut kepada nilai dasar.

Nilai Dasar Zonamikir.com

Pertanyaan di atas akan coba penulis simulasikan. Dimulai dengan pertanyaan pertama, apa tujuan  utama kamu hidup? Mendapatkan ridho Allah dengan segenap kemampuan.

Kedua, bagaiaman kamu akan menjalaninya? Terus belajar agama untuk mengetahui cara mendapatkan ridho dari Allah tersebut.

Ketiga, Apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan? Hal yang boleh dilakukan adalah yang diperintahkan oleh Allah, hal yang disukai dan tidak melanggar syariat Islam. Sedangkan hal yang tidak boleh dilakukan adalah melanggar syariat Islam.

Apa masalah terbesarmu? masalah terbesar penulis adalah tidak gigih, mudah menyerah, mudah bosan, tidak menyukai rutinitas.

Apa penghambat terbesarmu? Malas. terlalu mudah menjali kehidupan, lahir dari keluarga yang mapan, menyediakan segala sesuatu, sehingga membuat diri menjadi malas, tidak bertanggung jawab pada berbagai hal.

Ini didapatkan dari istri tercinta, ia mengatakan,

“Kamu tidak dilahirkan miskin, hampir semua yang kamu butuhkan mudah kamu dapatkan. Kamu tidak perlu menjadi miskin terlebih dahulu agar kamu merasa terpepet untuk bergerak. Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Masalah kamu bukan tidak punya fasilitas, masalahmu bukan uang, masalahmu adalah malas

Sumber daya apa yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan utamamu? Persistensitetap melakukan hal yang sama setiap hari, menjadikannya rutin meskipun membosankan, tetap berjuang sampai tujuan tercapai, tidak mengganti goal sebelum goal pertama tercapai, disiplin, teguh pendirian, lingkungan yang support, pasangan yang positif, dan terakhir adalah waktu.

Nah itu adalah contoh pencarian nilai dasar yang dilakukan oleh penulis. Mudah Bukan? Sekarang bagian kamu, tinggal praktikkan.

Cukup sekian bahasan mengenai nilai dasar. Terimakasih sudah berkunjung ke halaman ini. Semoga kamu mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Salam Sukses untuk semuanya.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.