Tahu MBTI ? Tes MBTI : Tes Kepribadian Dengan Pertanyaan Simpel !!!

tes kepribadian dengan pertanyaan simple

Tes kepribadian dengan pertanyaan simpel – Hai sobat zona mikir semua!!!. Selamat datang kembali di wesite zonamikir.com, website yang membahas mengenai pengembangan diri, motivasi, bisnis, dan kepenulisan. Berbicara mengenai pengembangan diri nih, kira-kira sobat sudah tahu dimana baiknya jalur pengembangan diri sobat masing-masing? sudah tahu belum nih sebenernya cara apa yang perlu sobat ambil, dan cara itu sesuai dengan kepribadian yang sobat miliki? atau mungkin ada diantara sobat yang sebenarnya masih bingung dengan kepribadian sobat sendiri? hayoo..hayoo siapa nih yang masih bingung sama kepribadian sendiri?

Siapa yang masih bermunculan pertanyaan

” Sebenernya aku orangnya kaya gimana sih?”

Nah, tenang-tenang untuk sobat yang masih bimbang-bimbang sama kepribadian diri sendiri atau mungkin sobat sebenarnya sudah tahu tapi masih pengen cari bukti-buktinya kali ini zona mikir bakal share tentang 16 kepribadian atau yang dulu sempat viral yakni MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), atau banyak orang kenal tes kepribadian dengan pertanyaan simpel. Tidak cuman itu sobat, tapi zona mikir juga bakal share website mengenai Tes kepribadian MBTI online yang akurat !.

Yuk langsung disimak sobat !

Baca Juga : Wajib Dikuasai, Ini Dia 6 Hard Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja !!

Apa itu Tes Kepribadian MBTI ?

Tes kepribadian MBTI

Sobat pernah mendengar tentang tes MBTI ?

Tes MBTI ini sempat ramai orang-orang bicangkan lho sobat, nah sekarang yuk kita kupas lagi tentang MBTI. Jadi MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator atau dalam bahsa Indonesia memiliki arti Indikator Tipe Myers-Briggs sama saja sobat cuman dibalikin aja.

MBTI ini merupakan tes psikotes yang digagas dan dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers yang merupakan ibu dan anak dan juga menjadi alasan asal-usul tes kepribadian ini dinamakan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Tes ini dikembangkan pada tahun 1940-an tes ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk mengukur prefensi dasar seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

Tes kepribadian ini juga dirancang untuk mengetahui ukuran kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang lho sobat. Ibu dan anak ini mengembangkan tes kepribadian MBTI berdasarkan tipologi kepribadian Carl Jung, tokoh yang mempopulerkan istilah introvert dan ekstrovert.

Jadi MBTI itu apa sih sebenarnya? jadi MBTI itu adalah suatu tes kepribadian dengan pertanyaan simpel tentang prefensi seseorang pada empat domain yang berbeda yakni,

1. Introvert (I) – Ekstrovert (E)

2. Sensing (S) – Intuition (N)

3. Thinking (T) – Feeling (F)

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Baca Juga : Love Your Self !!! Pentingnya Self Love Mencintai Diri Sendiri untuk Kamu !

Apa itu Tipe Kepribadian ?

Setelah kenalan sama MBTI yang didalamnya mengembangkan tentang empat domain, sekarang mari kita cari tahu apa sih makna empat domain itu..

1. Introvert (I) – Ekstrovert (E)

Dua tipe kepribadian MBTI ini, sepertinya bukan hal yang asing untuk sobat dengar bukan?

Kepribadian MBTI Introvert (I) dan ekstrovert (E) mengacu pada tipologi Carl Jung. Dimana dua kepribadian ini menjelaskan bagaimana cara seseorang berinteraksi dengan orang lain atau ada juga yang mendeskripsikan tentang bagaimana cara seseorang menyalurkan dan menerima energinya.

Introvert digambarkan sebagai kepribadian yang aktif dalam pemikiran, lebih suka menggunakan waktu secara personal, juga menghargai kedekatan interaksi dengan sedikit orang. Sedangkan ekstrovert merupakan keterbalikannya, ektrovert digambarkan sebagai kepribadian yang aktif dalam bersosial, lebih suka menghabiskan waktu bersama orang lain, dan berorientasi dengan alih-alih pemikiran.

2. Sensing (S) – Intuition (N)

Selanjutnya ada Sensing (S) dan intuition (I) 2 kepribadian ini menggambarkan mengenai cara sobat belajar, mencerna, dan mengumpulan informasi dari lingkungan sekitar.

Sensing (S) merupakan kepribadian yang mandiri dalam belajar,mencerna, dan mengumpulkan informasi saat terlibat langsung atau bahasa kerennya – learning by doing (belajar dengan melakukan). Sedangkan intuition (I) lebih suka berpikir abstrak, berintusi, dan menggunakan imajinasi.

3. Thinking (T) – Feeling (F)

Kepribadian selanjutnya merupakan kelanjutan dari cara seseorang dalam mendapatkan informasi, yakni cara seseorang dalam menentukan sebuah keputusan.

Yang pertama adalah thinking (T) dari bahasanya pasti sobat udah bisa nebak nih, yap seseorang yang memiliki kepribadian thinking (T) akan menentukan keputusan berdasarkan data dan fakta, jadi orang dengan kepribadian ini cenderung lebih logis dan konsisten, tentunya halini bertolak belakang dengan feeling (F). Sobat yang merasa memutuskan sebuah keputusan berdasarkan perasaan atau emosional dan masih mempertimbangkan pendapat orang lain, artinya sobat memiliki kepribadian feeling (F)

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Nah, setelah sobat membuat sebuah keputusan, lalu bagaimana cara sobat menghadapi tanggapan dari luar ?

Inilah tipe kepribadian yang menggambarkan hal tersebut. Untuk sobat yang memiliki kepribadian judging (J) akan teguh dan tegas terhadap pendirian. Berbeda dengan perceiving (P) yang bersifat flexibel terhadap pendapat orang lain bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

Baca Juga : Apakah Self Healing Itu Penting? Ini Dia Self Healing Yang Lagi Booming!

16 Tipe Kepribadian MBTI

Setelah mengetahui empat domain tadi, hal selanjutnya dari tes kepribadian MBTI adalah terbentuknya 16 kepribadian yang merupakan kombinasi dari empat domain tadi.

Untuk mengetahui sobat termasuk kategori yang mana, sobat perlu mengikuti tes MBTI tapi tenang sobat tes MBTI adalah tes kepribadian dengan pertanyaan simple. Setelah mengikuti tes, maka sobat akan masuk salah satu dari 16 kepribadian MBTI, yuk cek semuanya !

tes kepribadaian mbti

1. INFP

INFP adalah seseorang yang idealis, teguh memegang prinsip kecuali pada prinsip yang dipegangnya, dan setia terutama pada orang-orang penting dalam hidupnya.

2. INTJ

INTJ adalah orang yang dengan cepat bisa memahami pola atas suatu peristiwa yang tengah terjadi, lalu menyusun pendapat dalam jangka panjang. Mereka mandiri, terorganisir, juga memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain.

3. INFJ

INFJ adalah si pencari makna.Orang INFJ memiliki tingkat kepedulian yang baik, serta terbuka terhadap pendapat orang lain. Ia ingin melayani orang lain dengan usaha terbaiknya.

4. INTP

Tipe yang satu ini lebih tertarik pada idenya yang abstrak dibanding dengan berinteraksi sosial. Ia lebih suka fokus terhadap suatu masalah sampai ia dapat menyelesaikannya.

5. ENTJ

Orang dengan kepribadian ENTJ cenderung memiliki pengetahuan yang luas. Dengan pengetahuannya lah yang membuat ia dapat membaca keadaan dengan baik. Orang yang peka terhadap suatu kondisi juga sanggup memaksakan idenya untuk menyelesaikan suatu masalah.

6. ENTP

Dengan sisi ektrovert yang dimiliki, menjadikan orang dengan tipe kepribadian mbti ini blak-blakan terhadap sesuatu, ia juga berani menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang menantang. Menyukai hal-hal menarik dan cepat bosan pada kegiatannya sendiri.

7. ENFJ

Orang ENFJ sosok yang pendengar yang baik, berempati tinggi, dan hangat. Ia senang bergaul dan membantu orang lain menggapai keinginannya.

8. ENFP

ENFP juga berkarakter hangat. Orang ENFP adalah mereka yang gemar berimajinasi dengan antusiasme yang tinggi. Serta memiliki kemampuan dalam memahami pola dan hubungan suatu informasi dengan kejadian tertentu yang membuat ENFP percaya diri dalam melakukan sesuatu ditambah dengan kefasihan berbicara.

9. ISFJ

ISFJ itu tenang, teliti, bertanggungjawab, berkomitmen, telaten, cermat, baik hati, loyal, dan perhatian. Memori mengenai hal penting akan diingat secara detail dan ia juga menyukai ketertiban dimanapun berada.

10. ISFP

Kepribadian MBTI ISFP adalah sosok yang tenang, tapi sensitif, dan baik hati. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk me time. ISFP tidak memaksakan pendapatnya karena ia tidak suka keributan

11. ISTJ

ISTJ berkarakter tenang, serius, teliti, tekun, handal, realistis, praktis, dan logis. Sobat yang memiliki kepribadian cenderung royal dan memegang teguh tradisi karena menyukai ketertiban dimanapun berada.

12. ISTP

Tipe kepribadian MBTI ini toleran dan fleksibel. Pandai dalam menganalisis menjadi alasan untuk mampu bertindak cepat menemukan solusi secara efisien dan logis.

13. ESFJ

Sobat dengan kepribadian ESFJ suka memahami kebutuhan orang lain. Sobat memiliki hubungan harmonis dan juga suka terhadap setiap pujian yang diberikan setelah sobat melakukan sesuatu.

14. ESFP

Sobat dengan kepribadian ini adalah orang yang suka belajar dan bekerja bersama orang lain dengan pendekatan yang logis dan realistis. Sobat juga mencintai kehidupan sendiri dan orang lain.

15. ESTJ

Untuk sobat dengan kepribadian ini artinya sobat merupakan orang yang praktis, realistis, dan tegas. Sobat tahu bagaimana mengatur sesuatu agar efisien. Namun, dengan kepribadian ini juga sobat bisa memaksakan keputusan karena pemikiran logis yang sobat miliki.

16. ESTP

Jika sobat berkepribadian ESTP artinya sobat merupakan orang yang toleran dan flexibel. Sobat lebih suka mempelajari sesuatu dengan praktek langsung dibanding membaca teori.

Nah, itu dia sekilas informasi tentang tes MBTI, untuk sobat yang ingin melakukan tes kepribadian MBTI gratis secara online,ini dia !

TES KEPRIBADIAN MBTI ONLINE

See you di postingan selanjutnya sobat !!!, tinggalkan komentar sobat dibawah, kira-kira sobat memiliki tipe kepribadian yang mana nih?

Sebarkan ke sobat lainnya !!!

Baca Juga : Sudah Tahu Jika Mindset adalah Faktor Terbesar Orang-Orang Sukses? Pelajari Selengkapnya!

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.