Kebutuhan vs Keinginan, Pengertian Kebutuhan dan Keinginan Beserta Contohnya

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya – Haii sobat zona mikir !!! Gimana kabar kalian nih? Semoga baik-baik aja yaa diantara gempuran cobaan hidup yang nggak pernah ada beresnya. Bener nggak nih sobat? Pokoknya sesulit apapun itu zomin yakin sobat pasti bisa melaluinya, keep strong sobat !!!.

Baca Juga : Apakah Self Healing Itu Penting? Ini Dia Self Healing Yang Lagi Booming!

Sobat zona mikir kita hidup di zaman yang semuanya serba digital, dan zomin juga mengakui bahwa kita juga sulit dan bahkan tidak mungkin bisa lepas dari digitalisasi ini. Siapa nih yang sependapat sama zomin?

Karena perkembangan teknologi yang pesat juga akses menjelahi dunia maya yang tidak terbatas berpengaruh besar untuk kehidupan manusia sehari-harinya lho sobat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya jumlah pemakaian alat komunikasi seperti handphone dan laptop setiap harinya. Yah bagaimana tidak, hampir semua aktivitas kita harus melibatkan alat komunikasi apalagi untuk yang belajar atau bekerjanya dibidang yang wajib terjun ke ranah internet dan dunia maya.

Karena kemudahan yang kita rasakan ini, tentunya banyak aktifitas yang dipermudah pengerjaanya dengan menggunakan ponsel yang kita punya. Salah satu halnya adalah belanja, kegiatan yang rata-rata disukai oleh para ciwi-ciwi ini jadi semakin mudah untuk dilakukan.

Dengan banyaknya online shop yang memasang stand jualan mereka diberbagai aplikasi papan atas di dunia per-shopping-an, sudah pasti mata-mata para pengguna jejaring sosial langsung kalap nih. Belum lagi dengan barang yang berkualitas dengan harga yang relatif murah ditambah diskon dan potongan harga yang meriah yang menjadikan online shop bukan hanya aksesnya yang mudah tapi menjadi peluang bisnis yanh menguntungkan.

Sebagai pengguna sosial media juga, tentunya banyak dari kita yang melihat gaya hidup para selebgram, artis dan para figur terkenal lainnya yang sangat mudah diakses bahkan kadang membuat kita berkhayal ‘bisa gak ya jadi kaya mereka? ‘

Makanya, tidak aneh nih kalau liat banyak orang yang mencoba mengikuti gaya hidup mereka dengan cara yang paling sering ditiru adalah membeli barang-barang yang mereka gunakan, mengikuti fashion atau ootd mereka (yaa walaupun harganya 11 12 atau 11 112?).

Salah satu hal yang bikin zomin ngakak sih saat banyak anak remaja yang memamerkan handphone mahal berlogo apel digigit sedangkan maaf kondisi rumah mereka mungkin yang seharusnya lebih diprioritaskan.

Sebenarnya, itu contoh simple dari sering salahnya kita menempatkan mana yang harusnya lebih diprioritaskan dalam membeli sesuatu. Mana nih kira-kira yang kebutuhan dan mana nih yang masuknya ke keinginan.

Baca Juga : Wajib Dikuasai, Ini Dia 6 Hard Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja !!

So, kali ini zomin akan membahas mengenai kebutuhan vs keinginan, zomin akan membahas lengkap mengenai pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya. Yuk langsung simak aja yaa sobat

Apa itu Kebutuhan?

Kebutuhan sendiri memiliki makna mengenai sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk menjalani kehidupannya, nah kebutuhan ini dibagi 3 sobat yang sepertinya sobat tidak asing dengan istilah-istilah ini

1. Kebutuhan Primer

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok atau dasarnya seseorang untuk bertahan hidup. Diantaranya adalah sandang, pangan, papan. Yakni seseorang membutuhkan sandang seperti pakaian, pangan yakni makanan untuk menghilangkan rasa lapar, dan papan sebagai tempat untuk tinggal.

Karena merupakan kebutuhan dasar maka kebutuhan primer sangat penting untuk dipenuhi setiap individu dibanding dengan hal lainnya.

Baca Juga : Love Your Self !!! Pentingnya Self Love Mencintai Diri Sendiri untuk Kamu !

2. Kebutuhan Sekunder

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Setelah melalui kebutuhan pokok atau dasar, selanjutnya ada kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan sebagai penunjang kebutuhan primer dengan syarat bahwa kebutuhan primer telah terpenuhi.

Contoh dari kebutuhan sekunder adalah pendidikan dan piknik atau bahasa yang lagi nge trendnya healing sobat, kalau ini kayanya favorit juga nih hhe.

3. Kebutuhan Tersier

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Dasar, menengah dan sekarang kebutuhan yang berada di tingkat teratas, yakni kebutuhan tersier.
Kebutuhan tersier berkaitan dengan hal-hal yang mewah dan mahal yang terpenuhinya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Contohnya seperti motor, perhiasan, handphone dan lain sebagainya. Nah, karena tidak sepenting primer dan sekunder seharusnya kebutuhan tersier dapat dikesampingkan dong, tapi karena jiwa keinginan manusia yang tinggi sering kali kebutuhan tersier ini seakan-akan menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer.

Setelah membahas mengenai kebutuhan secara tahapan-tahapannya, nah sekarang zomin lanjut ke pengertian keinginan, yuk sheck this out !!!

Apa itu Keinginan?

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Keinginan itu munculnya dari diri kita sendiri, hasrat kita untuk mewujudkan keinginan itu bisa positif bisa juga negatif. Keinginan bisa berupa impian atau barang.

Tapi kali keinginan yang akan zomin paparkan mengenai keinginan kita untuk membeli dan memiliki barang. Karena hal ini lah yang menjadi problema orang zaman sekarang dalam mengatur pengeluaran karena sering kali mementingkan keinginan.

Keinginan itu tidak selalu kebutuhan, sehingga ada banyak keinginan yang jika tidak diwujudkan tidak akan menimbulkan dampak buruk. Contohnya keinginan berbelanja, membeli baju atau outfit kekinian yang sebenarnya nggak butuh-butuh amat kok, atau membeli barang yang indah dipandang mata yang lewat fyp instagram misalnya, sebenarnya kita tidak sebutuh itu terhadap barang-barang yang kita inginkan.

Karena setiap manusia memiliki nafsu, tentunya hal ini menjadi godaan untuk kita dalam mengendalikannya, juga termasuk tentang menahan diri untuk membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan saat ini dan lebih fokus pada barang-barang yang lebih penting untuk dipenuhi.

Karena sulitnya melawan nafsu kita untuk membeli sesuatu, maka zomin akan memberi tips and triks cara jitu menghindari mewujudkan keinginan yang berlebihan, yuk check this out!

Cara Jitu Menghindari Mewujudkan Keinginan yang Berlebihan

1. Tulis Keinginan yang Terbesit di Pikiran

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Cara pertama, sobat harus menulis apa saja sih keinginan yang ingin sobat beli atau wujudkan. Supaya sobat dapat mengetahui mana keinginan yang penting atau cuman keinginan karena lapar mata saja.

Setelahnya sobat juga bisa memperkirakan harga barang-barang tersebut, setidaknya sobat tahu sebenarnya berapa banyak nih keinginan-keinginan sobat yang mungkin suatu saat nanti bisa diwujudkan satu persatu.

2. Tanyakan Pada Diri Sendiri

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Maksud dari cara yang kedua ini adalah, saat sobat telah menuliskan semua keinginan sobat, bisa nih mencoba untuk membaca satu persatu keinginan yang telah ditulis dan coba tanyakan pada diri sendiri apakah hal tersebut penting dan jika tidak diwujudkan dalam waktu dekat apalah akan berdampak buruk atau tidak.

Nah, sekarang jadi tahu nih mana keinginan-keinginan yang ternyata masuk ke kebutuhan, dan mana keinginan yang munculnya dari nafsu kita saja dan dapat diwujudkan nanti bukan saat ini.

3. Tulis Pengeluaran

Pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya

Setelah mengetahui kategori keinginan yang cukup penting untuk diwujudkan, sekarang tulis pengeluaran yang harus dikeluarkan bulan ini atau minggu ini, kira-kira ada sisa ngggak nih, nah kalau ada sisa tapi jangan lupa untuk mengesampingkan sebagian sisa ditabungan boleh sobat membeli keinginan yang sudah dipilah tadi.

Sehingga jauh dari istilah boros dan kalap nih sobat hhe.

Nah itu dia pengertian kebutuhan dan keinginan beserta contohnya juga cara jitu agar kita tidak mengikuti hawa nafsu untuk terus mewujudkan keinginan yang kurang penting.

Boleh juga nih sobat share cara lain yang menurut sobat ampuh nih, sobat juga bisa cerita pengalaman sobat mengenai kebutuhan vs keinginn di kolom komentar yaa.

Akun instagram : @zonamikir._

Baca Juga : Ini Dia Pengertian dan Cara Mengatasi Overthinking yang Lagi Booming

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.