Apa Itu PIK Remaja? Ini Dia Pengertian Serta Tujuan dari PIK Remaja

Apa itu PIK Remaja ?– Haloo sobat zona mikir!! Kali ini minzom akan menyampaikan informasi yang berkaitan sama remaja lho.

Gimana penasaran kan? Harus dong hehe, karena ini bakal jadi informasi yang bermanfaat banget untuk sobat semua, yap tentang PIK Remaja,  Apa itu PIK Remaja? Yuk untuk lebih lengkapnya langsung baca saja sobat!.

Baca Juga : Love Your Self !!! Pentingnya Self Love Mencintai Diri Sendiri untuk Kamu !

Jumlah Remaja di Indonesia

Apa itu PIK Remaja ?

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-3 di dunia yakni mencapai lebih darj 250 juta jiwa , dengan laju pertumbuhan 1,43% per tahun, dan diantara 25% dari jumlah penduduk Indonesia adalah remaja yakni sebanyak lebib dari 67 juta jiwa

Banyaknya jumlah remaja di Indonesia ini tentunya menjadi harapan besar bagi masa depan bangsa Indonesia. Tentunya diharapkan para remaja dapat berkembang dan menjadi penerus kehidupan di negara ini. Namun, nyatanya banyak tantangan yang dihadapi oleh para remaja. Hal tersebut menjadi penghambat dalam mencetak remaja yang berkualitas dan mampu menjadi cerminan bangsa.

Sering kali para remaja terjebak dengan tipu daya dunia yang menjadikan mereka lalai dalam menjalankan kewjibannya sebagai seorang remaja dan generasi penerus bangsa. Salah satunya adalah belajar dan beribadah.

Baca Juga : Wajib Dikuasai, Ini Dia 6 Hard Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja !!

Hal-hal yang Menjadi Masalah Besar untuk Remaja

Hal-hal yang menjadi masalah besar untuk remaja sangat beragam lho sobat, diantaranya

1. Merokok

Apa itu PIK Remaja ?

Mungkin merokok sudah menjadi hal yang biasa untuk kalangan remaja, bahkan mungkin sekarang ramai anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar tetapi sudah merokok. Hal yang kurang baik ini jika sudah dijadikan sebuah kewajaran tentunya akan berdampak buruk, baik untuk si perokok ataupun orang lain.

Ternyata kemasan yang menampakan jelas dampak negatif fari merokok tidak sedikit pun memberi kesan takut untuk para penikmtnya. Kandungan dalam rokok juga akan menjadi bibit penyakit dan semakin buruk jika menjadi candu. Memang kita tidak bisa menjamin masa depan seseorang dari merokok atau tidak, tapi jika remajanya saja tubuh sudah terkontaminasi rokok bagaimana saat nantinya menginjak dewasa? Jika bisa dihindari mengapa tidak?

2. NAPZA

Apa itu PIK Remaja ?

Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya atau biasa disingkat Napza juga menjadi penggoda untuk para remaja. Menurut data dari Badan Narkotika Nasional (BNN)  pada tahun 2018 saja sebanyak 2,29 juta remaja dari 13 provinsi yang terdeteksi menyalahgunakan narkoba.

Efek negatif dari narkoba tentunya menjadi penghambat serius bagi para remaja. Masa remaja yang seharusnya diisi dengan prestasi dan hal-hal positif justru terjebak dalam kenikmatan sementara dari NAPZA.

3. Sex Bebas

Apa itu PIK Remaja ? - sex bebas

Selain dilarang oleh agama melakukan hubungan sex diluar nikah juga tidak dibenarkan oleh negara. Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang beragama bahkan menjadi negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di dunia dengan terang-terangan melarang keras hubungan sex diluar nikah.

Sangat disayangkan semakin berkembangnya zaman, dengan pengaruh lingkungan serta pergaulan bebas yang sudah tidak bisa dikontrol menjadikan tak sedikit remaja terjerumus ke dalam dosa besar, yakni hubungan sex diluar nikah, dan menjadikan banyak para remaja wanita menjadi korban karena hancurlah masa depannya sambil mengandung anak hasil dari perbuatan yang tercela.

4. Nikah Muda

Apa itu PIK Remaja ? - nikah muda

Setelah sex bebas dilakukan, kemudian wanita hamil duluan, maka dengan terpaksa banyak orang tua yang menyudahi sekolah anaknya dan menikahkanya dengan lelaki yang bertanggung jawab atas janin dalam kandungan putrinya.

Dari situlah awal mula hilangnya para remaja yang berkualitas, dengan usia yang masih belia mereka harus menanggung beban sebagai orang tua dan bekerja untuk menafkahi keluarga kecilnya yang tercipta tanpa rencana yang sempurna.

BKKBN Membentuk GenRe (Generasi Berencana)

Melihat semakin maraknya perilaku remaja yang negatif akhirnya pemerintah bersama BKKBN membentuk GenRe yakni generasi berencana yang programnya direncanakan dalam rangka mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, pekerjaan, dan pernikahan yg penuh terencana.

Sasaran GenRe

Sasaran dari program GenRe ini terbagi 3 yakni,1. Remaja usia 10-24 thun
2. Keluarga yang memiliki remaja
3. Masyarakat yang peduli terhadap remaja

Program GenRe

GenRe sendiri memiliki 2 program yakni
1. Pik Remaja (Pusat Informasi dan Konseling Remaja)
2. Bkr (bina keluarga remaja)

Karena dari awal artikel kita sudah membahas mengenai remaja maka nyambungnya ke Pik Remaja nih sobat.

Baca Juga : Tahu MBTI ? Tes MBTI : Tes Kepribadian Dengan Pertanyaan Simpel !!!

Apa itu PIK Remaja ?

PIK Remaja merupakan suatu wadah kegiatan program GenRe yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja yang memberikan pelayanan informasi dn konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Manfaat Join PIK Remaja

Informasi apa aja sih yang bakal sobat dapatkan kalau ikutan PIK Remaja? Banyak dan bermanfaat dong pastinya

1. Informasi mengenai organ reproduksi
2. Life skill (kecakapan hidup)
3. Kependudukn dan pengembangan keluarga
4. Bisa curhat juga lho dijamin 100% anonymous sobat

Bagaimana menarik bukan? Sobat tertarik buat join PIK Remaja di daerah sobat tidak nih? Kalau tertarik join aja sobat karena PIK Remaja sudah tersebar diseluruh daerah di Indonesia lho.

Ada sobat yang sudab join PIK Remaja belum nih?

Boleh dong ceritain pengalamannya di kolom komentar yaa.

Baca Juga : Ini Dia Pengertian dan Cara Mengatasi Overthinking yang Lagi Booming

Instagram account : @zonamikir._

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.