Pengen Jago Pidato ? Ini dia Pengertian dan Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat.

Pidato

Istilah pidato bukanlah hal yang asing ‘kan? Sebagai contoh, kita pasti sering melihat pidato dalam upacara bendera atau bahkan presiden dalam acara penting. Nah, pidato sendiri adalah kegiatan berbicara mengenai suatu hal di depan khalayak umum. Kali ini, zonamikir akan  membahas pengertian dan contoh teks pidato persuasif singkat. Yuk simak!

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato

Apa sih pidato persuasif itu? Nah, jadi pidato persuasif ini adalah pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran dari pendengarnya atau audiensnya. Biasanya, digunakan untuk meyakinkan orang dengan pemahaman yang berbeda.

Efek yang dihasilkan tentu saja agar para audiens bisa memahami pendapat dari sang orator. Orator adalah orang atau pelaku pidato. Biasanya, audiens sedikit demi sedikit akan memiliki pandangan yang sama dengan orator.

Ciri dan Tujuan

Berikut adalah ciri dan tujuan dari pidato persuasif:

  • Sesuai namanya, bersifat persuasif yaitu mempengaruhi atau mengajak.
  • Kalimat yang orator gunakan biasanya bersifat yang membangun.
  • Topik permasalahan akan dibahas dan dijelaskan secara detail.
  • Efek atau reaksi yang orator inginkan adalah membangkitkan emosi audiens. Sehingga timbul rasa ingin menyetujui yang mungkin akan timbul sebuah tindakan tertentu.

Prinsip Pidato Persuasif

Untuk membedakan pidato ini dengan pidato lainnya, terdapat beberapa prinsip yang dimiliki yaitu para pendengar akan mengubah perilakunya. Ketika perilaku atau keyakinannya sejalan maka prinsipnya adalah meraih setidaknya tiga nilai.

Pertama, konsistensi sehingga pendengar akan selalu menjalankan nilai dan kepercayaan yang sudah orator sampaikan. Kedua, terjadinya perubahan kecil secara bertahap. Ketiga, dapat memenuhi kebutuhan atau keuntungan bagi masing-masing pelaku.

Contoh Teks Pidato Persuasif Dalam Bahasa Inggris

Sudah waktunya untuk melihat contoh teks pidatonya. Yuk simak saja contoh di bawah ini!

Teks Pidato Persuasif Bahasa Inggris

pidato

Good Morning Ladies and Gentleman,

In this commemoration of Earth Day, I’d like to convey a bit of a review about the importance of keeping the school environment clean.

Environmental hygiene is very important to maintain our health and also our surroundings. A healthy environment will minimize the spread of disease which can make the environment comfortable for us to live.

Therefore, the environment is also a factor of the teaching and learning process in the classroom. Students and teachers will carry out learning activities effectively because they are supported by a comfortable environment.

Thus, let us as school members be able to maintain the cleanliness of the school environment starting from ourselves, such as throwing garbage into the trash can and not leaving them in drawers because they can become mosquito nests. accordingly, maintaining a clean environment is very important in order to create a healthy and comfortable environment.

I think that’s enough speeches that I can deliver, hopefully we can all become active participants in maintaining a clean environment. Thank you for the attention. I apologize in advance if some were not pleasing.

Once again, thank you ladies and gentlemen, that’s all for today.

Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia

pidato

Selamat pagi hadirin yang saya hormati,

Dalam peringatan Hari Bumi kali ini, saya ingin menyampaikan sedikit ulasan betapa pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan juga lingkungan sekitar kita. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit yang dapat membuat lingkungan nyaman untuk kita tempati.

Oleh karena itu, lingkungan juga menjadi faktor proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh lingkungan yang nyaman.

Marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri kita sendiri, seperti membuang sampah ke tempat sampah dan tidak meninggalkannya di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk. Terlebih lagi, menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang bisa saya sampaikan, semoga kita semua bisa menjadi orang yang aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sebelumnya saya mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Terimakasih atas perhatiannya.

Sekali lagi, terima semuanya. Salam Sejahtera!

Sudah Siap Membuat Teks ?

Kita sudah membahas secara detail dan jelas mengenai pengertian dan contoh teks pidato persuasif singkat. Dengan begitu, kamu sudah paham bagaimana pidato ini digunakan dan juga contoh teksnya. Sebagai penulis teks pidato atau bahkan orator, menjadi persuasif itu sangatlah penting demi perubahan yang baik. Selamat belajar dan terus semangat!

Baca Juga :3 Cerita Inspiratif Singkat Pilihan Penuh dengan Kisah Moral

 

 

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.