20+ Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas #1-min

Contoh CV yang Menarik HRD -Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka hal pertama yang kita pikirkan bukanlah membeli rumah atau menikah. Tentu yang kita pikirkan adalah bagaimana cara mendapatkan rumah atau mendapatkan modal menikah.

Baca Juga : Belajar Copywriting Untuk Iklanmu Agar Menarik Audiens

Dalam sebuah seminarnya, Jack Ma mengatakan

“usia 20-30 tahun, ikutilah seseorang, belajar lah darinya”.

Ini bisa berarti bahwa anda harus mencari pekerjaan atau bekerja kepada orang lain untuk mengasah pengalaman.

Untuk bekerja, kita membutuhkan akses untuk masuk, bisa “orang dalam” atau mencari sendiri. Nah, untuk bisa masuk ke sebuah perusahaan, kita membutuhkan contoh CV yang menarik dan berkualitas.

Untuk menjaring karyawan yang mendaftar, sebuah perusahaan menerapkan beberapa tahapan seleksi. Seleksi pertama biasanya adalah seleksi administrasi.

Di dalam seleksi tersebut, hal yang paling utama adalah curriculum vitae atau contoh CV yang menarik dan berkualitas.

Orang bijak mengatakan,

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda”

Kesan pertama tersebut bukanlah penampilan anda, karena belum tentu perusahaan akan memanggil anda. Kesan pertama anda adalah contoh CV anda, apakah menarik dan berkualitas atau malah sebaliknya.

Berikut ini zonamikir.com telah melakukan riset mendalam, mencari dan meramu contoh cv yang menarik dan berkualitas.

Contoh cv yang menarik di bawah ini boleh anda tiru dan modifikasi, tapi jangan sampai sama persis, apalagi mukanya J

Nah, sebelum melihat contohnya, para pencari contoh cv yang menarik dan berkualitas. lebih baik mempelajari dasar-dasar pembuatan cv yang menarik dan berkualitas terlebih dahulu, supaya memudahkan proses pembuatan cv-nya.

Tata Cara Membuat Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

Mencontek CV memang cara yang mudah. Tapi kamu harus tahu tata cara membuat cv yang baik dan benar. Berikut ulasannya:

`1. Mengisi Identitas

Tak kenal maka tak sayang. Saat berkenalan, hal pertama yang perlu anda informasikan adalah identitas anda. Termasuk saat membuat contoh cv yang menarik dan berkualitas.

Identitas diri gerbang awal anda memperkenalkan diri sebelum memperkenalkan keahlian atau kompetensi anda.

Identitas diri biasanya berisi nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telephon, email dan media sosial.

Sebelum melihat contoh cv yang menarik dan berkualitas yang kami suguhkan, perhatikan poin-poin terkait identitas diri berikut ini.

Pertama, tulislah nama asli anda, tidak perlu menulis nama alias. Nama panggilan juga bisa dimasukkan ke identitas diri.

Kedua, perusahaan terkadang melihat tanggal lahir anda, apakah akan sesuai dengan jabatan kosong yang tersedia. Jangan sampai anda memalsukan tanggal lahir seperti om-om yang sedang memangsa gadis perawan. Hal ini berlaku juga pada alamat, email dan kontak yang  aktif.

Ketiga, Perbaiki tampilan dan isi media sosial. Sebuah perusahaan, akan benar-benar teliti menyaring calon karyawannya. Termasuk media sosialmu, perusahaan bisa saja mengecek media sosialmu, apakah isinya lebay, penuh keluhan atau senantiasa positif.

2. Riwayat Pendidikan

Isi Contoh CV yang menarik  dan berkualitas yang kedua adalah riwayat pendidikan.

Salah satu penilaian perusahaan adalah dimana kamu belajar dan skill apa yang kamu kuasai.

Di riwayat pendidikan ini sebaiknya kamu hanya mencantumkan sekolah formal dan nonformal yang sesuai dengan bidang yang kamu tuju di perusahaan.

Banyak yang melamar jadi akuntan, tapi menyertakan riwayat pendidikan sebagai alumnus jurusan santra. Jika kamu HRD-nya, apakah kamu akan menerimanya? Pikirkan baik-baik!

Pendidikan formal maupun nonformal bisa kamu masukan ke dalam contoh cv yang menarik dan berkualitas selama hal tersebut relevan atau sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu tuju.

3. Pengalaman Kerja dan Organisasi.

Jika ada HRD yang menolak lamaranmu karena kamu tidak punya pengalaman kerja, maka katakan “Untuk punya pengalaman kerja, maka saya harus bekerja di sini”

Selain itu, kamu juga bisa memperlihatkan pengalaman berorganisasi. Jika pengalaman organisasi ini kamu masukkan ke dalam cv-mu, maka pernyataan “kamu saya tolak karena minim pengalaman kerja” akan relatif kecil muncul ke permukaan.

Makanya kalau kuliah jangan kupu-kupu, kuliah pulang-kuliah pulang, tapi aktiflah berorganisasi!

4. Keahlian dan Keunggulan

Terkadang, perusahaan tidak melihat contoh cv yang menarik secara keseluruhan, mereka akan langsung melirik pada bagian keahlian dan keunggulan yang kamu miliki.

Bahkan perusahaan tidak peduli kamu kuliah dimana dengan IPK berapa, yang mereka pedulikan adalah keahlian dan keunggulanmu.

Contohnya: Jika kamu terbiasa berorganisasi dan terbiasa melakukan manajemen organisasi, maka tuliskan bahwa keunggulanmu adalah manajemen organisasi.

Baca Juga : Calon Pembisnis Wajib Tahu !!! Prinsip Etika Bisnis Dalam Perusahaan.

5. Prestasi dan Penghargaan

Salah satu bukti bahwa kamu memiliki kompetensi di suatu bidang adalah bahwa kamu telah mendapatkan prestasi dan penghargaan di bidang tersebut.

Maka, untuk memperbesar peluang agar kamu lulus seleksi administrasi, mencantumkan prestasi dan penghargaan.

Dalam contoh cv yang menarik dan berkualitas, beberapa orang mencantumkan sertifikat seminar atau workshop yang pernah diikuti.

Jika kamu memiliki prestasi di bidang akademik atau non akademik, dimana hal tersebut akan menunjung karirmu, maka kamu harus mencantumkan prestasi tersebut.

20+ Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

Setelah mengetahui tata cara pembuatan cv yang menarik dan berkualitas, tim zona sudah menyiapkan 20+ contoh cv yang bisa kamu pelajari dan ikuti.

Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas #1

Coba perhatikan contoh cv yang menarik dan berkualitas no. 1 di bawah ini.

Tidak perlu berlembar-lembar tulisan untuk membuat CV. Cukup satu halaman. Maksud satu halaman tersebut adalah rangkuman riwayat hidup kamu.

Tentu di belakangnya kamu harus menyertakan lampiran seperti ijazah, sertifikat, Kartu keluarga, KTP, dll, sesuai kebijakan perusahaan.

"Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas #3-min

CV ini adalah yang termudah dari dua contoh sebelumnya. Untuk isinya dimulai dari data pribadi, lalu pendidikan, kemampuan, dan pengalaman kerja.

Dalam membuat CV ini, hanya diperlukan skill menulis yang sederhana. Contoh CV yang menarik dan berkualitas nomor tiga ini paling banyak digunakan oleh para pencari kerja.

Jika kamu memiliki isi cv yang berkualitas, seperti pengalaman kerja dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan orang lain, meskipun kamu menggunakan contoh cv yang menarik dan berkualitas nomor tiga ini, peluang untuk diterima akan jauh lebih besar.

Baca Juga : Pengaruh Pendidikan Pada Pembentukan Mindset dan Kesuksesan

17+ Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

Bukan zonamikir.com jika tidak membuat pembaca benar-benar berpikir. Pada sub-bab 17+ contoh cv yang menarik dan berkualitas ini, penulis ingin memberikan mindset penting tentang melamar pekerjaan.

Sebanarnya, melihat contoh cv yang menarik dan berkualitas, kemudian membuatnya dengan baik baik dan menarik, hanyalah bagian kecil dari proses mencari kerja yang sesungguhnya.

Saran penulis, tidak perlu mencari lagi contoh cv yang menarik HRD dan berkualitas lainnya. Buat saja satu diantara tiga contoh cv yang menarik dan berkualitas yang telah penulis sajikan di atas.

Bagian yang paling penting dari CV adalah menyerahkannya ke sebanyak mungkin perusahaan. Miliki mental baja saat cv anda ditolak, coba baca artikel 10 cara paling efektif dan terbukti untuk bangkit dari kegagalan.

Pada artikel tersebut dibahas bagaimana sikap kita seharusnya menyikapi kegagalan termasuk penolakan atas cv yang kita berikan ke satu dua perusahaan.

Jika ada contoh seseorang yang diterima oleh lima perusahaan sekaligus, percayalah, bahwa sesungguhnya ia telah mengirimkan ke puluhan perusahaan sekaligus.

Maka, setelah kamu melihat contoh cv yang menarik dan berkualitas di atas, kemudian membuatnya, kirim ke sebanyak-banyaknya perusahaan, jangan hanya mengirim kepada satu perusahaan, kirim ke puluhan perusahaan.

Maka upaya di atas (Mengirim cv ke puluhan perusahaan) memiliki bobot yang jauh lebih penting dan bernilai dari 17+ contoh cv yang menarik dan berkualitas lainnya.

Jangan terlalu banyak mencari contoh cv yang menarik HRD dan berkualitas, cukup pilih satu diantara tiga di atas, take action sekarang juga!

Baca Juga : 7 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Menarik Bagi Pemula

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *