Pengembangan Diri : Pengertian, Langkah-Langkah, dan Rekomendasi Bukunya

pengembangan diri

Pengembangan Diri– Topik tentang pengembangan diri beberapa tahun belakangan memang sedang ramai diperbincangkan. Berikut ini artikel mengenai pengertian pengembangan diri dan cara melakukan.

Pengembangan diri adalah suatu proses pembentukan potensi, sikap, bakat, perilaku, serta kepribadian seseorang melalui pembelajaran dan juga pengalaman yang dilakukan secara berulang.

Proses pengembangan diri bisa dilakukan di mana saja, termasuk dengan mengikuti organisasi atau komunitas. Organisasi merupakan sarana pengembangan diri agar individu lebih memiliki karakter dalam dirinya. Jadi, tidak heran jika kini banyak orang yang sedang fokus untuk membangun self-development dalam dirinya.

Ada banyak sekali jenis kegiatan pengembangan diri atau self-development yang bisa dilakukan sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Biasanya di sekolah dan kampus, terdapat pelayanan konseling untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan diri dan potensi yang mereka miliki.

Contohnya di kampus universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, ada satu organisasi kemahasiswaan yang fokus pada self development, yaitu PIKMA, pusat informasi konseling Mahasiswa.

Di sana para mahasiswa dibekali ilmu dan wawasan untuk senantiasa produktif dan menempatkan diri di dalam positif circle atau lingkungan yang positif.

Langkah-Langkah dalam Pelaksanaan Pengembangan Diri

Dalam buku Pengembangan Diri karya Tarmudji (1998), terdapat langkah-langkah dalam pelaksanaan pengembangan diri antara lain sebagai berikut.

Percaya Diri

percaya diri ala supermen untuk pengembangan diriSyarat utama yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan diri adalah percaya diri terhadap kekuatan dan kemampuan yang dimiliki. Mengapa harus percaya diri? Karena sering kali rasa ragu membuat kita tidak berani bertindak dan mengambil keputusan dalam hidup.

Oleh karena itulah, sikap percaya diri harus dipupuk sejak dini. Dengan begitu, maka secara perlahan akan terbentuk karakter dalam diri yang bisa merubah hidup kita.

Baca Juga: Nilai Diri, Kunci Sukses agar Percaya Diri Tinggi

Belajar dari Pengalaman

belajar dari pengalaman-pengembangan diri

Ungkapan “Pengalaman adalah guru terbaik” ternyata memang benar adanya. Dengan kita berbicara, menulis, membaca, atau melakukan hal lainnya, tentu bisa menjadi pelajaran berharga yang membuat kita terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jika kamu selalu belajar dari pengalaman yang pernah kamu alami dan menjadikannya sebagai sebuah batu loncatan untuk mengembangkan diri, maka keseluruhan hidupmu akan berubah.

Baca Juga: 10 Cara Paling Efektif dan Terbukti untuk Bangkit dari Kegagalan

Selalu Menghargai Waktu

menghargai waktu- pengembangan diri

Selalu menghargai waktu merupakan sebuah keharusan yang wajib dilakukan oleh semua orang yang sedang menjalani proses pengembangan diri. Kamu akan menjadi orang yang bijaksana apabila lebih menghargai waktu secara serius dan juga tulus.

Kamu perlu memperlakukan waktu dengan baik sebagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri. Dengan begitu, maka kamu tidak hanya menghargai waktu, tapi juga akan dihargai oleh waktu dan orang lain.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Produktifitas Kerja

Menghargai Diri Sendiri serta Orang Lain

menghargai diri sendiri-pengembangan diri

Nah, masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Agar bisa mengembangkan diri, maka kamu juga harus menghargai diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang percaya dengan potensi dan kemampuan pada dirinya merupakan salah satu bentuk menghargai diri sendiri.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menghargai orang lain. Meski terkadang terdapat perselisihan dan perbedaan pendapat, kamu tetap harus menghargai mereka.

Baca Juga: Pengertian Belief System dan Cara Memanfaatkannya

Rekomendasi Buku Pengembangan Diri

Kamu tentu menjadi semakin tertarik untuk mengenal proses pengembangan diri lebih dalam lagi. Kini kamu bisa belajar dari buku pengembangan diri yang saat ini sudah banyak diperjual belikan di berbagai toko buku.

Adapun beberapa rekomendasi buku tentang pengembangan diri adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Fokus Pada Proses Bukan Hasil

Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Buku yang ditulis oleh Fumio Sasaki ini akan membantumu untuk hidup minimalis yang diajarkan oleh orang Jepang. Terkadang kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan memiliki perilaku hidup konsumtif hanya karena tidak ingin ketinggalan dari orang lain.

Nah, gaya hidup tersebut tentunya harus dihindari. Hal inilah yang membuat Sasaki menulis buku ini dan memutuskan untuk mengubah hidupnya dengan cara mengurangi barang-barang yang dianggap tidak penting lagi. Ternyata dari aktivitas tersebut mampu memberikan dampak luar biasa dalam hidupnya.

The Achievement Habit – Berhenti Berharap, Mulai Lakukan, & Ambil Kendali Hidup Anda

Buku pengembangan diri yang selanjutnya adalah The Achievement Habit milik Bernard Roth yang terbit pada tahun 2016. Buku ini bercerita tentang bagaimana mengendalikan niat dan mempertimbangkan setiap ide untuk menjadi fokus.

Ternyata kedua hal tersebut bisa dilakukan dengan menciptakan kebiasaan agar selalu fokus. Buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencoba melakukan perubahan hidup dengan cara-cara yang sederhana.

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku terjemahan yang dirilis pada tahun 2018 ini memang menjadi buku mindset self-development terpopuler . Buku ini akan membuat kamu tidak lagi overthinking terhadap hal-hal buruk dan fokus pada hal-hal baik yang bisa terjadi.

Mindset adalah kunci seseorang meraih kesuksesan. Dengan mindset-mindset yang dikemukakan oleh buku ini, dijamin kamu akan lebih bergairah lagi.

Salah satu kutipan menarik dari buku ini adalah “Kunci untuk kehidupan yang baik bukan tentang memedulikan lebih banyak hal; tapi tentang memperdulikan hal yang sederhana saja, hanya peduli tentang apa yang benar dan mendesak dan penting.”

Itulah penjelasan tentang pengertian pengembangan diri dan cara melakukan. Semoga bisa membantu kamu yang sedang belajar untuk memperbaiki kualitas dalam diri sendiri. Semoga setelah membaca artikel mengenai pengertian pengembangan diri dan cara melakukan dapat kamu terapkan ya. Kira-kira dari ketiga rekomendasi buku tersebut, manakah yang ingin kamu baca secepatnya? tulis di kolom komentar ya…

Baca Juga : Cara Agar Percaya Diri dengan Cara Cepat, Mudah, dan Terbukti Ampuh !!!!

Privacy Policy

Recommended For You

4 Comments

  1. Buku yang ketiga adalah buku favorit saya
    Recommended banget deh buat dibaca

    Taqy, artikelnya keren banget
    Kalimat demi kalimat dapat tercerna dengan baikkk
    Pembangkit motivasi buat yang menelaah dan membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *