4 Pengertian Paradigma Menurut Ahli

paradigma

Pengertian Paradigma

Istilah paradigma termasuk jarang dipakai dalam pembicaraan yang kita lakukan setiap hari. Walau demikian, kita harus tetap mengerti arti / makna kata paradigma yang sebetulnya, maka saat istilah ini dipakai, kita bisa mengerti apa arti / maknanya.

Istilah ini pernah disinggung di artikel sebelumnya (Baca: 5 Ilmu tentang Mindset). Di sana dikatakan bahwa salah satu elemen dari mindset adalah paradigma.

Istilah paradigma condong mengarah ke dunia sudut pandang maupun tehnis penuntasan permasalahan yang sudah dilakukan oleh manusia. Istilah ini pertama kalinya dikenalkan oleh seorang ilmuwan yang memiliki nama Thomas Kuhn lewat bukunya “The Structure of Scientific Revolution

Pertama kalinya dikenalkan, istilah Paradigma tidak diterangkan secara jelas oleh Thomas Khun. Di saat itu, istilah ini hanya disampaikan sebagai termonologi kunci yang digunakan dalam mode perubahan ilmu dan pengetahuan saja. Sesaat selanjutnya, baru istilah Paradigma terdefenisi dengan jelas oleh Robert Fridrichs (sebagai orang pertama kali yang mengutarakan apakah itu paradigma dengan jelas dan jelas).

Baca Juga:

Pengertian dan Contoh-Contoh Fix Mindset

Pengertian dan Contoh-Contoh Growth Mindset

Istilah ini erat kaitannya dengan konsep – prinsi dasar yang tentukan beberapa jenis penglihatan manusia pada dunia sebagai sisi dari mekanisme bricoluer. Sebuah paradigma umumnya mencakup tiga komponen khusus yakni komponen metodologi, komponen epistemologi, dan komponen ontologi.

Dengan memakai tiga komponen ini, manusia memakai paradigma untuk raih beberapa jenis pengetahuan berkenaan dunia dan beberapa jenis peristiwa yang terjadi didalamnya.

Secara etimologis, istilah ini pada intinya berawal dari bahasa Yunani yakni dari kata “beberapa” yang maknanya di samping maupun dari sisi, dan kata “diegma” yang maknanya panutan, bagus, mode, maupun arketif.

Sedang secara terminologis, istilah ini disimpulkan sebagai sebuah penglihatan maupun langkah pandang yang dipakai untuk memandang dunia dan alam sekelilingnya, yang disebut kisah maupun sudut pandang umum berbentuk langkah – langkah untuk menguraikan beberapa jenis persoalan dunia riil yang paling kompleks.

Selain pemahaman di atas, berikut pemahaman kata paradigma yang mencoba disampaikan oleh beberapa pakar :

Thomas Kuhn

Menurut Thomas Kuhn, pemahaman paradigma ialah dasar berpikiran maupun ide dasar yang dipakai / diyakini sebagai mode maupun skema yang diartikan beberapa ilmuwan dalam upayanya, dengan memercayakan study – study keilmuan yang dilakukan.

Robert Freidrichs

Menurut Robert Freidrichs, paragigma sebagai kelompok tata nilai yang membuat sudut pandang seorang sebagai titik tolak penglihatannya hingga tercipta citra subyektif seorang pada ralita hingga berbuntut pada ketetapan bagaimanakah cara untuk tangani realitas itu.

J. Ritzer

Menurut C. J. Ritzer, paradigma ialah penglihatan fundamental beberapa ilmuwan berkenaan apa sebagai dasar persoalan yang semestinya didalami oleh satu cabang ilmu dan pengetahuan tertentu.

Guba

Menurut Guba, pemahaman paradigma ialah beberapa kumpulan kepercayaan dasar yang menuntun perlakuan manusia.

Itu sedikit info tentang pemahaman paradigma yang bisa kami berikan untuk Anda. Mudah-mudahan berguna ya!

Baca Juga:

Pengertian dan Contoh-Contoh Fix Mindset

Pengertian dan Contoh-Contoh Growth Mindset

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *