Masih Mager Setelah Liburan? ini dia 9 Tips Ampuh dan Terbukti Meningkatkan Produktifitas Kerja Setelah Liburan Panjang

Meningkatkan Produktifitas Kerja

Kembali bekerja sesudah berlibur panjang lebaran kadang jadi hal yang kurang membahagiakan. Setelah sekian hari menghabiskan waktu bersama keluarga, kamu harus kembali lagi ke meja kerja dengan segudang pekerjaan yang telah menunggu. Jadi tidak jarang, bukannya bekerja, kamu malah merasa malas dan membuat produktifitas kerja menjadi turun.

Untuk menahan hal itu terjadi, zonamikir.com sudah merangkum sembilan hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa cepat kembali produktif setelah liburan panjang. Baca ringkasannya di bawah ini secara lengkap…check this out

9 Tips Meningkatkan Produktifitas Kerja Setelah Liburan Panjang

Meningkatkan Produktifitas Kerja
Meningkatkan Produktifitas Kerja

1. Membuat Rencana dengan Menyusun Agenda atau To Do List

Di hari pertama masuk kerja, coba buatlah to-do list yang cepat dan sederhana.
Sebaiknya masukkan hanya tiga sampai empat pekerjaan saja. Utamakan pekerjaan yang
paling prioritas dan yang paling dekat dengan deadline. Selain mempermudah
pekerjaan, to-do list dapat memberikan motivasi kepada kamu agar semakin produktif
dan menuntaskan pekerjaan yang tertunda saat liburan.

To do list merupakan sebuah list beberapa tugas atau aktivitas yang perlu kamu
kerjakan di dalam kurun waktu tertentu. To do list ini sama seperti list what
have to do atau Apa saja hal yang harus dilakukan. Biasanya to do list dibuat dalam kurun waktu harian, mingguan, atau bulanan.

To do list ialah bagian dari sebuah rencana agar agenda kamu tidak bertubrukan antara satu agenda dengan agenda lainnya. list ini dapat disusun untuk individu atau team.

Sebenarnya, to do list ini bisa kamu hafalkan sendiri dalam memory otak, tetapi ya itu lah, jika kamu kebanyakan agenda, bisa-bisa kamu lupa dan agendanya jadi sama-sama berantakan. Tidak ingin kan, di sore hari, di kala senja menjemput, (dibaca: hehe, red) dimana semestinya kamu punya agenda bertemu client, eh justru bentrok dengan agenda arisan.

Nah, to do list ini dapat kamu buat dalam binder, buku catatan, atau bahkan juga program smartphone. Semua bergantung kenyamanan kamu. Ada orang yang nyaman memakai buku, ada juga yang memilih untuk menggunakan aplikasi yang ada di dalam handphonenya.

Membuat agenda kerja di hari pertama dapat membuat pekerjaan semakin teratur, sistematis dan meminimalisir stress. Bila kamu mempunyai aktivitas yang telah teratur dan rapi pasti membuat kamu merasa bahwa pekerjaan kamu sederhana, sedikit dan mudah untuk dikerjakan sehingga membuat kamu lebih semangat dalam bekerja.

Jika memungkinkan, Bikinlah agenda pekerjaan yang akan dituntaskan dimulai dari hari pertama masuk sampai beberapa minggu di depan.

Dengan demikian, otomatis kamu akan mulai memikirkan langkah untuk menuntaskan pekerjaan itu. Motivasi kerja pun dapat kembali bertambah. Karena itu, penting membuat agenda kerja yang pasti.

Jika hal tersebut dilakukan, selain kamu semakin bersemangat dalam bekerja, hal ini dapat membuat kamu bekerja dengan lebih teratur dan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. kamu senang, bos senang, istri senang (karena gaji naik, hehe)

2. Kenakan pakaian yang Nyaman dan Makan Pagi yang Sehat

Tahukah kamu jika menggunakan baju yang stylish ke kantor bisa memengaruhi mood, personalitas, dan emosi?

Ya, menggunakan baju stylish sesuai keinginan kamu bisa membuat semangat dan keproduktifan kerja kamu meningkat drastis dibandingkan menggunakan baju yang membuat kamu tidak nyaman.

Poin penting untuk dilakukan adalah pilihlah style baju yang sesuai personalitas dan bidang profesional yang kamu geluti saat ini. Misalkan kamu dapat menggunakan t-shirt, jeans, dan long outer untuk ke kantor dengan penampilan kasual.

Ini juga berlaku untuk yang bekerja di rumah atau WFH, meskipun tidak keluar rumah, menggunakan jas dan berpenampilan seperti pergi ke kantor akan membuat mood kamu naik signifikan, kamu memiliki semangat kerja yang luar biasa.

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki penampilan girly atau khas wanita, kamu dapat menggunakan rok atau dress yang dapat memberikan dukungan penampilan girly. Atau, kamu dapat menggunakan blazer dan celana panjang untuk penampilan resmi. Gunakan asesoris dan parfum yang sewajarnya bisa membuat kamu dan orang-orang di sekitar kamu merasa lebih fresh dan nyaman.

Selain memakai pakaian yang nyaman, pastikan untuk tidak melupakan makan pagi yang bermanfaat untuk tubuh agar badan tetap fit. Perut kamu pun akan tetap nyaman dan tidak merasakan lapar sampai tiba waktunya untuk makan siang. Imbangi pula dengan konsumsi multivitamin, ya.

3. Persiapkan Kendaraan dan Berangkat ke Kantor dengan lebih Cepat

Periksa kendaraan yang kamu pakai ke tempat kerja satu hari sebelumnya. Sesudah berlibur, umumnya mesin mempunyai banyak hal yang perlu dilihat kembali atau bahkan juga diganti. Mengeceknya merupakan pilihan yang bijak. Jangan sampai kamu bolos masuk ke kantor hanya karena mesin kendaraan kamu mengalami kendala di mesin atau yang lainnya. Ingat pepatah yang mengatakan bahwa “Hari pertama kerja adalah yang terpenting”

Supaya kamu dapat kembali lagi ke kantor dengan situasi hati senang dan pemikiran yang fresh, sebaiknya kamu bangun lebih pagi supaya dapat sampai kantor lebih cepat. Menurut penelitian, orang-orang sukses bangun lebih cepat dibandingkan orang lain.

Udara pagi benar-benar bagus untuk badan, tiba lebih cepat di kantor pasti akan mempermudah kamu agar semakin siap bekerja dan kembalikan fokus. Tetapi sebaliknya, bila telat ke kantor, bisa jadi pekerjaan kamu akan semakin menumpuk, bekerja pun menjadi malas dan produktifitas kerja pun turun.

4. Kelompokkan pesan jadi tiga bagian.

Sesudah berlibur, umumnya kamu bisa banyak mendapati e-mail yang menimbun. Untuk mempermudah kamu, pisah email-email itu jadi tiga kelompok. Pertama e-mail yang perlu dibalas hari itu juga , lalu e-mail yang dibalas minggu ini, dan e-mail yang tidak begitu penting dan dapat dihapus.
Sesudah dibagi, buka pesan-pesan tersebut dan balas dahulu e-mail pada kelompok pertama. Jika kelompok pertama sudah terbalas seluruhnya, melangkah ke kelompok yang kedua. Khusus untuk kelompok paling akhir, coba lakukan pada hari Jumat saat pekerjaan yang lebih bernilai telah usai terlebih dahulu.

5. Jauhi rapat di hari awal masuk kerja

Walau kamu semangat untuk mulai bekerja kembali, upayakan tidak mengagendakan rapat di hari awal masuk. kamu akan kerepotan, langsung mengadakan rapat sesudah berlibur hanya akan membuat kamu kelihatan kurang persiapan. kamu hanya akan menghadiri rapat dengan kepala yang kosong. Rapat pun hanya memiliki kesan menghabiskan waktu dan kurang produktif.

Alih-alih mengadakan rapat, lebih baik meng-update pekerjaan yang seharusnya kamu kerjakan di saat libura. Waktu liburan yang Diambil dapat membuat kamu ketinggalan dengan up-date terkini di kantor. Oleh karenanya, sesudah membuat agenda pekerjaan yang bakal ditangani, coba tanya pada rekanan satu team kamu apa yang terjadi sepanjang kamu liburan, jangan diam membatu saja dan tahu-tahu kamu mendapat SP3. Sehingga jika ada pekerjaan tambahan serta lebih penting, kamu dapat menyusun ulang agenda to-do daftar yang telah dibuat di awal tadi.

6. Pikirkan Hal yang Membahagiakan di Tempat Kerja

Panduan selanjutnya yang dapat kamu kerjakan supaya kembali semangat bekerja sesudah liburan panjang adalah dengan memikirkan beberapa hal yang membahagiakan saat di tempat kerja.

Bekerja memang bukan hal yang membahagiakan seperti berlibur. Tetapi, bila kamu menyenangi pekerjaan itu pasti bukanlah hal yang susah untuk kembali bekerja. Jika kamu bahagia, produktifitas kerja akan meningkat drastis.

Karena itu, pikirkanlah beberapa hal yang membahagiakan supaya kamu kembali bersemangat dalam bekerja sesudah liburan panjang. Misalkan pikirkan mengenai rekan-rekan kerja yang lucu dan hebat.

Lakukan pula olahraga yang bersifat ringan dan pastikan kamu mempunyai waktu beristirahat yang cukup, ya! Tubuh yang capek dan rasa mengantuk pada pagi hari karena bergadang hanya akan membuat produktifitas kerja kamu menjadi buruk. Jangan langsung bergadang di hari pertama kamu kerja. it’s not good.

7. Tulis Hal-Hal yang Memotivasi

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan produktifitas kerja yakni dengan menuliskan beberapa hal yang kira-kira bisa memberikan motivasi. Misalkan, kamu dapat berencana berlibur seterusnya atau bermacam daftar barang yang ingin dipunyai dalam kurun waktu dekat jika kamu mencapai target.

Jika sudah dicatat, kamu dapat melekatnya di meja kerja menggunakan stickynote atau netbook kerja. Dengan demikian, setiap menyaksikannya, kamu akan berasa tergerak untuk kembali semangat bekerja dengan sendirinya.

8. Hanya Melakukan Pekerjaan yang Tidak Memaksakan Otak

Setelah berkegiatan di liburan yang panjang, tentu inbox atau pesan masuk kamu akan dipenuhi dengan pesan yang baru, mungkin itu dari client, undangan rapat, promosi dan yang lainnya. Ini menkamukan bahwa banyak pekerjaan yang harus ditangani.

Sebaiknya kamu tidak membuka semua email yang masuk. Cobalah mengikuti tips sebelumnya. Bukalah satu atau dua e-mail saja dan tidak boleh memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras, kamu dapat kadang-kadang istirahat. kamu bisa menerapkan pola 25-5, 25 menit bekerja, 5 menit istirahat. Saat istirahat di 5 menit tersebut, gunakan waktu singkat tersebut untuk pergi dari tempat duduk kamu, misalkan, dengan membuat kopi atau sekedar melakukan peregangan badan.

9. Mengambil waktu untuk istirahat

Tips meningkatkan produktifitas kerja ini sudah disinggung di atas. Semangat yang dibawa sesudah berlibur memanglah bagus digunakan untuk memunculkan ide-ide baru yang brilian. Tetapi, kamu tetap harus mengatur ritme kerja kamu, jangan sampai terlalu memaksakan diri sampai lupa istirahat, saat kamu bekerja dengan rasa letih, hasilnya pun tidak akan maksimal. Lebih bagus jika menyelesaikan pekerjaan dengan bertahap tetapi menentu. Perbanyaklah istirahat ringan di hari awal masuk, jauhi makan siang di meja kerja, dan sempatkan diri untuk mengobrol dengan kawan-kawan kamu.

Tips paling akhir yang dapat dilaksanakan adalah cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan sebelum kamu memulai pekerjaan. kamu dapat jogging pada pagi hari atau lakukan workout sesudah bekerja. Ini sangat baik dilakukan.
Jik Badan fit, Maka tubuh akan membantu kamu untuk mencapai profuktifitas kerja yang optimal.

Itulahh tips meningkatkan produktifitas kerja yang zonamikir.com bisa bagikan. Semoga pekerjaan kita bisa optimal. Meskipun kita telah melakukan liburan yang panjang, setelah kembali ke meja kerja, kita memiliki produktifitas kerja yang berkali-kali lipat.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.