Waktu Adalah Uang ? Ini Dia Cara Mengatur Waktu dengan Baik

cara mengatur waktu dengan baik

Cara Mengatur Waktu Dengan Baik – Ada ungkapan waktu adalah uang, artinya setiap detik yang kita habiskan itu berharga. Kita bayangkan saja, satu detik yang kita miliki kita bayar satu rupiah. Bayangkan betapa banyaknya uang yang harus dikeluarkan  tiap harinya dan dengan ni’matnya kita tidak membayar sedikit pun. Masyaa Allah.

Haloo pembaca setia zonamikir kali ini zonamikir.com akan membagikan kembali cara-cara yang bermanfaat untuk kehidupan anda. Yang bisa dipraktekan oleh anda dirumah dan dimanapun anda semua berada.

Mengaitkan lagi dengan pandemi covid 19 yang makin kesini makin bikin stress otak dan hati. Kebanyakan orang menghabiskan 24 jam waktu yang diberikan Allah SWT kepada mereka setiap harinya dengan rebahan, chattingan, sosmedan, makan, gagabutan dan hal lainnya yang kurang bermanfaat.

Karena melihat semakin meresahkannya aktivitas para korban pandemi, tim zonamikir yang baik hati menyajikan spesial untuk anda 5 tips ampuh cara mengatur waktu dengan baik.

Supaya hidup anda lebih bermakna dan bermanfaat, yuk langsung dicheck ajaa !!!

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Stamina dan Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

1. Atur Fokus

atur fokus

 

Cara mengatur waktu dengan baik yang pertama adalah mengatur fokus anda. Caranya adalah tulis hal-hal positif yang akan anda lakukan pada hari itu. Bisa ditulis dibuku maupun dikertas biasa, yang terpenting anda bisa melihat list kegiatan itu berulang kali dengan mudah dan menjadikannya pengingat yang paling mudah.

2. Sempurnakan Wajib Jalankan Sunnah

cara mengatur waktu dengan baik
Priority #1 circled with red pencil

Cara selanjutnya adalah menyempurnakan hal-hal yang wajib untuk anda dan bertahap menjalankan sunnah-sunnah. Misalnya dalam ibadah, hal yang wajib harus diutamakan dan disempurnakan. Jika biasanya sholat dalam waktu 5 menit, beres salam langsung langkah seribu, sekarang cobalah untuk memanfaatkan waktu dengan berdoa dan berdizikir.

Daripada waktu kosong digunakan untuk scrool mantan atau gebetan yang unfaedah. Lebih baik anda laksanakan amalan sunnah seperti belajar hal-hal baru, ibadah sunah yang menguntungkan dan hal-hal pengganti kegabutan lainnya yang bisa bermanfaat intuk anda kini,esok,dan nanti.

3. Utamakan Hal yang Mendesak

Selanjutnya, utamakan hal yang mendesak. Para pembaca pasti berasal dari kalangan pelajar ataupun pekerja bukan? Dalam kegiatan belajar disekolah maupun bekerja dipastikan ada tugas yang harus dikerjakan. Saat banyak tugas berdatangan lakukanlah hal ini, yakni utmakan tugas yang mendesak.

Mendesak itu gimana? maksudnya deadlinenya sebentar lagi, hal ini dilakukan agar anda tidak menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) yang gak efektif dan menambah rasa lelah anda semua.

Baca Juga : Cara Dapat Uang dari Internet Mudah dan Cepat

4. Ingat Hal yang Penting

cara mengatur waktu dengan baik

Cara mengatur waktu dengan baik selanjutnya adalah mengingat hal-hal yang penting. Jika mendesak adalah sesuatu yang deadlinenya dalam waktu dekat, hal yang penting yang deadlinenya masih cukup panjang.

Tapi deadline yang panjang bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan yaa.. Pekerjaan lebih ringan jika dicicil sedikit demi sedikit. Sehingga waktu kita bisa digunakan untuk proses penyempurnaan tugas supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga : Masih Mager Setelah Liburan? ini dia 9 Tips Ampuh dan Terbukti Meningkatkan Produktifitas Kerja Setelah Liburan Panjang

5. Jam Istirahat Terbaik

cara mengatur waktu dengan baik

Yang terakhir adalah mengatur jam istirahat anda. Diantara 24 jam ada waktu-waktu yang baik untuk anda gunakan beristirahat dan ada juga waktu yang buruk untuk beristirahat dan lebih buruk jika semua waktu adalah istirahat ini biasanya prinsip para kaum rebahan.

Jangan biasakan begadang, karena kata bang roma ‘begadang jangan begadang kalu tiada artinya’ nah paham kan. Optimalkan waktu istirahat anda saat malam hari, maksimal anda usahakan sudah tidur di jam 10 malam dan terbangun saat jam 3 pagi.

Karena sepertiga malam adalah waktu terbaik proses pendetoksan racun di tubuh anda. Jadi saat anda bangun maka insyaa Allah semua racun keluar.. Amazing sekali kann.

Waktu terbaik selanjutnya untuk istirahat adalah kisaran jam 11 sampai jam 2 siang. Bukan berarti tidur dari jam 11 sampai jam 2 siang yaa. Maksudnya adalah tidur diantara jam 11 samapi jam 2 siang. Karena 15 menit tidur dijam-jam ini sama dengan tidur 1 jam. Cadangan energi agar kita bisa bangun di sepertiga malam.

Sedangkan waktu yang buruk untuk istirahat adalah setelah subuh karena mewaris fakir, orang-orang beraktifitas lah ini masih tidur apalagi kalau subuhnya bablas duhh..perlu taubat yang kaya gini nih.

Waktu buruk kedua adalah setelah sholat ashar karena mewaris gila atau liglung. Mewaris fakir dan gila ini bisa sangat berpengaruh saat anda melakukannya selama 40 hari berturut-turut. Nah.. sekarang kan udah tau nih waktu yang buruk untuk istirahat harus diingat yaa, jangan baca 5 menit ingetnya 1 menit.

Nah itu dia 5 cara mengatur waktu dengan baik versi zonamir, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktekan okeyy. Share artikel ini ke orang-orang yang masih mensibukan diri dengan rebahan dan bermalas malasan.

Coba ini selama satu hari dan rasakan efeknya, boleh nih tulis testimoninya setelah mempraktekan tips ini di kolom komentar yaa…

Baca Juga : Cara Agar Percaya Diri dengan Cara Cepat, Mudah, dan Terbukti Ampuh !!!!

 

 

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.