Belajar Copywriting Untuk Iklanmu Agar Menarik Audiens

belajar copywriting

Belajar Copywriting Cepat dan Mudah – Ketika berbicara tentang iklan dan copywriting, kebanyakan orang akan menyuruh kamu untuk beriklan di media yang biasa dilihat orang.

Baca Juga : Anda Ingin cepat kaya ? Ini dia Strategi Bisnis yang Efektif untuk Pemula.

Contoh copywriting antara lain seperti billboard, televisi, dan koran.

Bisa juga ada di era digital ini seperti website, media sosial, banner iklan, email marketing, dan lainnya.

Namun, keragaman media bukanlah penentu keberhasilan promosi. Apalagi jika kamu melakukannya secara tidak terencana. Kamu harus membuat rencana yang baik ketika ingin membuat iklan. Karena tidak semua orang akan langsung tertarik dengan upaya pemasaran kamu.

Daripada kehilangan banyak uang dalam kampanye yang gagal, lebih baik mempelajari cara membuat konten pemasaran yang ditargetkan. Triknya adalah copywriting.

Dengan memiliki konten pemasaran yang menarik untuk target, kamu bisa mendapatkan target pasar yang sesuai dengan keinginanmu. Sebenarnya apa itu copywriting?

Pada artikel ini, kamu akan mempelajari copywriting secara komprehensif dan lengkap. Bahasan dimulai dengan mempelajari dan memahami manfaat dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan hal ini. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari keterampilan copywriting dan contohnya dalam artikel ini.

Copywriting adalah teknik untuk membujuk pembaca agar mengikuti arahan yang kamu susun. Arahan ini adalah perintah apa pun yang dirancang untuk menghasilkan konversi, seperti pembelian, ajakan berlangganan, ajakan pendaftaran, dan yang lainnya.

Awalnya copywriting hanya digunakan untuk memproduksi iklan, sales letter, billboard, dan media pemasaran tertulis lainnya. Inilah sebabnya mengapa teknik ini disebut copywriting.

Namun, di era multimedia ini, pembelajaran copywriting masih sangat penting. Penggunaan dari copywriting ini mulai diaplikasikan ke banyak hal di internet. Selain menulis, cara ini juga cocok untuk membuat naskah video dan podcast. Nah.. ini dia langkah-langkah belajar copywriting cepat dan mudah.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Menarik Bagi Pemula

Langkah Menjadi Copywriter (Belajar Copywriting Terbaik)

Untuk menjadi seorang copywriter, ada enam langkah yang harus kamu lakukan. Berikut daftarnya:

1. Pelajari Produk Atau Layanan Anda

belajar copywriting

Jika kamu tidak mengetahui produk, layanan, atau konten yang kamu tawarkan, kamu tidak akan bisa memasarkannya dengan baik. Inilah sebabnya mengapa mempelajari produk merupakan bagian penting dari pembelajaran copywriting.

Ini tidak hanya berlaku untuk copywriter yang bekerja untuk perusahaan. Bahkan bagi kamu yang mempromosikan bisnis pribadi kamu, ini adalah hal yang penting untuk diingat. Kecuali kamu ingin membuat komoditas.

Nah, setelah memahami produk yang kamu jual, sebaiknya tuliskan informasi yang Anda dapatkan dalam bentuk deskripsi. Hal ini supaya kamu bisa mengingat hal apa saja yang bisa dijadikan kalimat iklan untuk menjual produk yang kamu inginkan.

2. Pahami Kebutuhan Audiens

belajar copywriting

Mengetahui apa yang dibutuhkan audiens kamu sama pentingnya dengan mengetahui produk kamu sendiri. Hal ini karena fokus copywriting adalah tidak selalu tentang bagaimana kamu mendapatkan profit. Tetapi bagaimana profit yang kamu dapatkan, datang dari kebahagiaan yang audiens rasakan karena kebutuhannya telah terpenuhi.

Bayangkan jika seseorang menawari kamu sampel parfum mobil, padahal kamu hanya memiliki sepeda motor. Tentu kamu akan menolak proposal tersebut karena tidak akan ada gunanya.

Selain itu, kamu juga perlu memahami audiens agar dapat membuat teks pemasaran yang betul-betul terdengar personal, alias tepat sasaran.

Jika kamu dapat melakukannya, dijamin banyak orang akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

3. Tentukan Headline yang Memikat

belajar copywriting

Sebagian besar dari audiens kamu hanya akan membaca judul atau headline Anda. Artinya Anda harus bisa membuat headline yang benar-benar menarik perhatian.

Dibutuhkan kreativitas tingkat tinggi untuk membuat headline yang kuat. Namun, praktiknya tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang. Tentunya kamu tidak ingin kehilangan konsumen yang sudah ditargetkan.

Headline yang ingin kamu buat harus menggunakan kalimat yang singkat. Dengan adanya headline yang terlalu panjang pastinya akan membuat copywriting yang kamu buat akan membuat konsumen cepat bosan.

4. Dukung Headline dengan Lead yang Menarik

belajar copywriting

Sebagai orang yang terdepan, judul atau headline pasti bisa menarik perhatian audiens. Namun, setelah mengklik judul, orang belum tentu tertarik untuk mendengarkan artikel, buletin, atau halaman arahan lebih lanjut.

Untuk itu, headline yang menarik perlu didukung dengan petunjuk atau paragraf pembuka yang menarik.

5. Tulis Copywriting yang Berkualitas

belajar copywriting

Meskipun headline dan petunjuk adalah bagian penting dari keterampilan copywriting, kamu tidak boleh melupakan bagian utama dari menjadi penulis dalam tulisanmu. Kamu harus bisa membuat konten yang sekiranya bermanfaat untuk audiens, bagian ini disebut copywriting berkualitas.

Selain itu, usahakan untuk tidak membuat kalimat yang terlalu panjang. Untuk menghindari situasi ini, cobalah untuk tidak menggunakan kata berkali-kali dalam sebuah kalimat.

Pokoknya kamu harus terus berlatih. Terus berproses, maka kamu akan menjadi seorang ahli copywriter.

Baca Juga: Public Speaking : Manfaat dan Kenapa Anda Harus Belajar

5. Akhiri dengan Persuasif

belajar copywriting

Dalam copywriting yang anda miliki, kembali ke tujuan kamu yaitu melakukan pengajakan. Baik untuk melakukan pembelian atau ketertarikan kepada konsumen. Di sinilah kamu memerlukan CTA atau call-to-action. CTA adalah tombol atau banner yang digunakan untuk menjadi tujuan akhir dari copywriting.

Call-to-action yang kamu buat tidak hanya bertujuan untuk mengarahkan audiens ke tujuan akhir saja. Kamu juga harus membuat manfaat kepada audiens. Audiens harus bisa merasakan apa yang kamu jual dan kamu tawarkan.

Apakah Kamu Tertarik Menjadi Seorang Copywriter?

Nah, itu adalah tahapan belajar copywriting cepat dan mudah semoga ilmu ini bisa kamu gunakan untuk membuat iklan yang kamu buat menjadi lebih menarik pada audiens. Dengan copywriting, kamu bisa membuat iklanmu jauh lebih menarik lagi.

Buat kamu yang pengen mengaplikasikan ilmu copywriter ini untuk bisnis online. Pelajari  peluang mengasah ilmu copywriting di berbagai peluang bisnis online yang terbukti membayar di bawah ini.

Baca Juga : 20+ Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.