7 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Menarik Bagi Pemula

Cara Membuat Artikel Yang Baik– Menulis adalah kegiatan yang sangat sering orang-orang lakukan dalam situasi apapun. Salah satunya adalah menulis artikel. Artikel sendiri merupakan sebuah tulisan yang berisikan susunan kalimat dengan satu tema atau tujuan tertentu.

Cara Membuat Artikel yang Baik

Supaya bisa menarik minat pembaca, kita perlu tahu banyak cara menulis artikel yang baik dan menarik. Yuk kita simak tips membuat artikel bagi pemula versi zonamikir di bawah ini!

Baca Juga : 20+ Contoh CV yang Menarik dan Berkualitas

1. Kumpulkan Ide

cara membuat artikel yang baik

Tahap pertama dalam pembuatan artikel adalah mengumpulkan ide. Tentunya sebelum kamu mulai menulis, kamu harus sudah siap dengan ide yang akan menjadi konten tulisanmu

Mengumpulkan ide memang tidak semudah mengedipkan mata, tetapi kamu bisa menggunakan patokan berikut untuk menemukan ide:

  • Untuk siapa artikel akan dibuat?
  • Apa yang menarik atau dibutuhkan pembaca?
  • Tujuan dibuatnya artikel itu apa?
  • Efek apa yang kamu inginkan dari pembaca?

Setelah kamu menemukan sasaran pembaca, kamu bisa mulai mencari hal yang menjadi minat mereka. Lalu, pikirkanlah tujuanmu membuat konten artikel tersebut. Jika semuanya sudah, ide akan muncul dan itu semua sangatlah berharga.

2. Menentukan Topik

Cara membuat artikel yang baik-Tentukan Topik

Lanjut ke tahap selanjutnya, kamu tidak hanya berpatokan pada hal yang umum lagi. Kini, semakin mendetail apa yang ingin kamu tulis. Bagaimana cara menentukan topik? Biasanya konten yang menarik adalah bersifat edukatif dan informatif bagi pembaca.

Topik ini bisa juga dibangun setelah ide atau dengan brainstorming topik yang biasanya berbentuk kalimat tanya. Dalam topik kamu sudah mulai bisa menuliskan kerangka atau draft kasar untuk tulisan milikmu.

Lanjut ke cara yang ke tiga…..

3. Membuat Judul yang Menarik

Cara membuat artikel-Buat judul

Ide sudah, topik sudah, kini kita semakin spesifik yaitu membuat judul. Tahukah kamu bahwa judul itu sifatnya sangat penting bagi sebuah artikel? Salah satu cara menulis artikel yang menarik biasanya dimulai dari judulnya.

Memegang peranan penting, judul harus mengandung kata kunci dari ide yang ingin kamu sampaikan ke pembaca. Tak hanya di situ, judul juga harus bersifat bikin penasaran yang artinya jangan terlalu panjang sehingga pembaca tertarik dan tidak bosan.

Sebagai contoh, artikel yang berjudul “10 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula” terkesan lebih menarik dibandingkan “Panduan Menulis Artikel”. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pembaca biasanya akan mencari artikel yang sudah jelas agar tidak membuang-buang waktunya yang lama untuk membaca saja.

Baca JUga : Belajar Copywriting Untuk Iklanmu Agar Menarik Audiens

4. Buatlah Paragraf Awal yang Jelas

Cara membuat artikel-Buat paragraf

Selanjutnya adalah dengan membuat paragraf awal yang jelas. Kejelasan pada awal tulisan itu sangat berpengaruh bagi para pembaca.

Sebagai pemula, tentu saja kamu perlu tahu bagaimana paragraf awal yang jelas, bukan? Nah, kali ini kita akan membahas secara singkat saja.

Bermainlah dengan kata-kata. Kamu perlu membuat kalimat awal yang jelas namun tetap menarik. Pada umumnya, jika pembaca tertarik ingin melanjutkan, artinya kata-kata yang sudah kamu gunakan sangatlah menarik. Menulis  dengan kalimat yang menarik akan memiliki peminat yang banyak.

Baca Juga : Gara-Gara Berani Hadapi Tantangan Komen Status Facebook, dapat 100 juta Pertama

5. Gunakan Figur Gambar Yang Atraktif

Cara membuat artike yang baik

Bukan hal asing kalau dalam tulisanl biasa disisipkan gambar. Entah narasi maupun tulisan informatif seperti tulisan ini, yang harus kamu tahu adalah gambar yang atraktif sangat penting dalam penulisan.

Kita mengatakan sebuah gambar atraktif karena gambar tersebut berkualitas jernih, jelas, dan nyaman untuk dilihat. Selain itu, tujuan utama penggunaan gambar adalah mem-visualisasikan ide dari tulisan yang kita buat.

6. Perhatikan Penggunaan Heading (Judul)

Cara membuat artikel-heading yang menarik

Heading adalah penjudulan atau penunjukan dari sebuah artikel. Biasanya terdapat judul atau tajuk utama lalu disertai dengan bab dan subbab lainnya. Nah, biasanya dalam word tools seperti Microsoft Word atau Google Docs, terdapat fitur Heading.

Fitur ini berguna untuk membagi-bagi isi tulisan dan memperlihatkan judul dari setiap bagian di artikel. Seperti yang kita tahu, judul itu bersifat sangat penting dan berpengaruh. Untuk itu, pembaca akan membaca judul yang sudah ditandai dengan penggunaan heading. Dampaknya mereka akan merasa artikelmu lebih meyakinkan.

Selain itu, dalam sebuah blog, penggunaan heading membantu mesin pencari seperti Google dalam mengindex tulisan artikel kamu. Untuk itu pastikan artikel yang kamu buat memiliki cukup heading supaya mudah disortir mesin pencari dan pembaca.

7. Memiliki Bagian Akhir yang Berkesan

cara membuat artikel yang baik -akhir yang menarik

Yang terakhir adalah dengan membuat bagian akhir yang berkesan. Jika bagian pembuka menarik pasti pembaca akan membacanya sampai bagian akhir.

Untuk itu, pastikan tulisanyang kamu buat memiliki bagian akhir atau penutup yang berkesan. Tujuannya agar pembaca tertarik membaca tulisanmu yang lainnya.

Bisa juga bagian akhir tersebut berisi simpulan sehingga pembaca mengingat kembali isi yang dia baca. Membuat kalimat tanya di akhir kalimat juga dapat memiliki nilai persuasif. Efeknya pembaca merasa berinteraksi atau mendapat inti dari artikelmu.

Sudah Siap Untuk Menulis Artikel?

Kalau kamu membaca ini sampai habis artinya sudah paham tips atau cara menulis artikel yang baik dan menarik bagi pemula secara umum. Ingat juga pastikan tulisanmu ini unik supaya lebih bernilai. Menulis memang tidak semudah membuat coretan di dinding rumah. Untuk itu, siapkan selalu semangatmu dan lanjutkan berkreasi dengan kata-kata!

Baca Juga: Fokus Pada Proses Bukan Hasil

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.