Apakah Self Healing Itu Penting? Ini Dia Self Healing Yang Lagi Booming!

self healing

Apakah self healing itu penting ? – Halo sobat zona mikir!!! bagaimana kabar sobat pada awal-awal bulan ini? Banyak suka atau duka? Banyak pemasukan atau pengeluarannya kira-kira? Banyak tawa atau tangisnya? Semoga banyak hal positif dibanding yang negatifnya yaa.

Baca Juga : 3 Tips Rahasia Menjadi Millionaire Internet Dalam Waktu 3 Tahun

tahun baru harapan baru

Bicara mengenai awal bulan nih, bagaimana kabar sobat pada penghujung tahun lalu yang bisa disebut sebagai masa liburan nih. Ada yang liburannya keluar kota, negara, atau angkasa gak nih? Atau ada yang milih memaksimalkan untuk family time karena jarang-jarang juga bisa berkumpul sama keluarga besar, ditambah tahun lalu Indonesia gawat darurat covid-19. Ada juga gak nih yang milih bakar-bakaran bareng bestie, bakar makanan tentunya bukan bakar rumah apalagi rumah mantan duhh. Pasti ada juga yang rebahan sambil dengerin suara kembang api yang bersaut-sautan, iya kannn ayo ngaku sobatt hhhe.

Terlepas bagaimana masa liburan sobat pada penghujung tahun lalu yang tidak bisa diulang lagi, justru ada banyak harapan yang perlu diwujudkan di tahun ini. Berkaitan tentang harapan, ada tidak diantara sobat yang dipatahkan semangatnya sama diri sendiri? Dengan alasan bahwa diri sendiri itu gak mampu, gak  pantes, pokonya kaya mustahil untuk mewujudkan impian-impian tersebut.

Baca Juga : Sudah Tahu Jika Mindset adalah Faktor Terbesar Orang-Orang Sukses? Pelajari Selengkapnya!

Ingat ya sobat ‘akan selalu ada kata gak apa-apa untuk jadi manusia’, dengan kekurangan yang sobat miliki bukan berarti sobat telah gagal. Kita manusia sudah tentu tidak sempurna, namun ingat Allah SWT saja berfirman bahwa manusia adalah sebaik-baik makhluk ciptaan-Nya. It’s okay kalau kita capek, kita bisa istirahat dulu dan coba lagi.

Apakah self healing itu penting

It’s okay kalau kita punya kekurangan, lemah dalam suatu hal, yang terpenting jangan sampai timbul self hate atau membenci diri sendiri, bayagin aja kalau diri sendiri aja membenci bagaimana dengan orang lain, lingkungan, keadaan, dan lainnya. Untuk mengusir jauh self hate kita harus bisa mengistiqomahkan self love dalam diri kita, dengan mencintai diri sendirilah segala kekurangan yang kita miliki bukan hal yang patut dicaci.

Sebelum menginjak ke self love, sebelum mencintai tentunya harus ada luka-luka yang perlu diobati. Logikanya seperti saat kita putus cinta, jangan berteduh pada orang baru kalau belum sembuh dari masa lalu, gimana kalau orang baru malah nambah luka yang baru juga? Nah lho. Sama dengan mencintai diri sendiri, kita harus self healing dulu nih yang artinya ‘mengobati diri’. Mengobati bukan luka fisiknya ya sobat tapi luka mental kita.

Baca Juga : Pengertian Belief System dan Cara Memanfaatkannya

Apakah Self healing Itu Penting ?

Apakah self healing itu penting

Self healing itu penting banget ya sobat, seperti yang udah dijelasin tadi, untuk mencapai self love sekaligus menghindari self hate, self healing perlu dijadikan awal untuk menginjak self love. Dengan self healing kita bisa berdamai dengan luka, kecewa, frustasi, juga emosi.

Bukanlah hal yang mudah, tapi obat sesungguhnya pada setiap luka batin maupun non-batin kita adalah diri kita sendiri. Semisal, virus corona bisa sangat mematikan untuk orang yang imunnya lemah, tapi bisa dikalahkan oleh orang yang imunnya kuat, semua kembali pada orang itu sendiri.

Begitu pula dengan luka mental kita, yang paling bisa mengerti tentang “ Sebenernya kita butuh apa sih?” atau “ Sebenernya kita kenapa sih?” ya diri sendiri, right?. Ibaratnya mau dikasih ribuan kata-kata motivasi, atau mau nonton puluhan video motifasi kalau dirinya nolak yaa, memang akan tetap berpengaruh, tapi tidak sepenuhnya. Semua hal itu hanya menjadi perantara, lagi dan lagi selebihnya kembali pada diri sendiri.

Baca Juga : Rahasia Penting dalam Hidup ! Pentingnya Public Speaking dalam Kehidupan

Self healing Harus Jalan-Jalan ?

Apakah self healing itu penting

Ini nih salah satu candaan tentang self healing, mungkin karena kebanyakan orang mengenal istilah self healing dari sound reels dan tik-tok, jadinya self healing diartikan sebagai kata lain dari jalan-jalan. Tidak yaa sobat, self healing itu tidak harus jalan jalan, apalagi maksa traveling padahal dompet miring. Self healing bisa dilakukan dengan banyak cara, tergantung bagaimana setiap orang cocoknya, ”kira-kira harus ngapain nih biar feelnya membaik?” dan gak harus jalan-jalan.

Tapi salah satu caranya jalan-jalan, mengistirahatkan sejenak otak meni’mati keindahan-keindahan ciptaan Tuhan, bertafakur dan lain sebagainya. Jadi sobat bisa banget jadiin jalan-jalan sebagai healing, ataupun dengan hal lainnya, yang terpenting hal yang gak diharamin dan tidak merugikan diri sendiri juga orang lain ya sobat.

Kira-kira self healing versi sobat apa nih? coba komen dibawah yaa!

Baca Juga : Love Your Self !!! Pentingnya Self Love Mencintai Diri Sendiri untuk Kamu !

 

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.