‘Kena Mental’ Bikin mental Lemah ? Ini Dia 5 Cara Agar Menguatkan Mental

cara agar menguatkan mental - kena mental

Cara agar menguatkan mental – Selamat datang lagi di web pengembangan diri dan motivasi zonamikir.com. Belum lama ini banyak banget-bahasa baru, istilah-istilah baru dikalangan para netizen. Hal ini bukan hal yang aneh karena berkembangnya media sosial, juga semakin beragam fitur yang disajikan untuk para netizen diseluruh dunia.

Baca Juga : 4 Pengertian Paradigma Menurut Ahli

Istilah Kena Mental yang Lagi Viral

cara agar menguatkan mental

Netizen Indonesia juga belum lama ini sedang ramai dengan istilah ‘kena mental’. Wahh.. pasti tidak asing kan dengan salah satu istilah ini. Istilah kena mental pasti pernah atau bahkan sering muncul diberanda media sosial anda. Instagram dan tiktok adalah 2 medsos yang sering memunculkan hal-hal yang berkaitan dengan istilah ‘kena mental’. Penyampaian istilah ini bisa melalui video ataupun foto, pokonya lagi mainstream banget dikalangan para netizen Indonesia.

‘Kena mental’ sendiri memiliki makna tersendiri, biasanya istilah ini digunakan disaat seseorang tertimpa suatu permasalahan yang akan menguji mentalnya.

Bentar-bentar… sebelum lanjut, apa sih sebenernya mental itu?

Mental itu sesuatu yang mempengaruhi kehidupan kita, namun kita tidak bisa melihatnya, karena mental itu ada didalam diri kita, sesuatu yang kita rasakan. Berbeda dengan fisik kita yang jelas adanya terlihat juga wujudnya.

Contohnya orang yang gila, orang gila adalah orang yang sakit, tapi bukannya banyak orang gila diluaran sana yang tubuhnya sehat wal afiat? jadi mereka sakit apanya?

Nah jawabnnya mereka sakit mentalnya, pola pikirnya, jiwanya. Jika luka fisik bisa diobati dengan obat dan hal lainnya. Sakit mental lebih sulit untuk mengobatinya, karena yang bisa mengobatinya adalah diri orang itu sendiri.

 Menurut Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) mental yang sehat adalah ;

“keadaan sejahtera di mana individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, dan mampu untuk memberikan kontribusi kepada komunitasnya”. 

Penting banget kan punya mental yang sehat.

Karena dari mental yang sehat tumbuhnya hal-hal baik lainnya dari tubuh kita.

Cara Agar Menguatkan Mental 

Dilansir dari antarnews.com jumlah angka bunuh diri di Indonesia pada tahun 2020 secara umum menyentuh angka 2,4 per 100.000.000 jiwa , atau 1.800 korban tiap tahunnya.

Wahhh jumlahnya banyak banget kan…

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Yap balik lagi ke pembahasan yang tadi ‘kena mental’ itulah penyebabnya. Karena realita tidak seindah kenyataan yang menjadikan mereka semua mengakhiri hidup sebelum malaikat Ijroil menjemput.. Serem bangett kann..

Belum lagi dengan kondisi pembatasan karena ulah si corola corona. Makin bertambah aja kan ‘kena mental’ nya.

Karenanya, zonamikir kali ini memberikan 5 cara menguatkan mental yang bisa kalian coba dirumah, tanpa biaya, tanpa ribet. In Syaa Allah ampuhh, yang terpenting TAKE ACTION !!!.

1. Katakan Aku Pasti Bisa !

cara agar menguatkan mental- aku bisa

Mindset itu penting banget lho…

Karena dari mindset lah keyakinan dan kepercayaan kita terhadap diri kita sendiri muncul. Saat diri kalian yakin bisa melalui segala halang rintang dan masalah in syaa Allah bisa..pasti bisaa.

Kalau diri sendiri tidak yakin, bagaimana dengan yang lainnya?

JUST DO IT, lakukan saja berhasil atau tidaknya usaha, tuntas atau terhambatnya masalah kita serahkan kepada Allah SWT.

“Manusia hanya bisa berencana dan berusaha, hasilnya bagaimana skenario Sang Pencipta Allah SWT.”

2. Hilangkan Pengakuan Sebagai Manusia Terbodoh !

cara agar menguatkan mental- aku tidak bodoh

Cara agar menguatkan mental yang kedua adalah, menyingkirkan sejauh-jauhnya pemikiran bahwa anda adalah orang yang paling bodoh, orang yang ga bisa apa-apa, orang yang ga akan sukses dan berhasil. PLEASE STOP.

Manusia yang terlahir ke dunia pasti punya kelebihan masing-masing.

Mungkin anda tidak berbakat dalam bidang sekolah, mungkin nilai anda paling besar 100-50, mungkin anda fobia dengan angka-angka. Dan kemungkinan lainnya, tapi yakinkan dalam diri anda, anda pasti punya kelebihan minimal 1 saja pasti ada.

Kuncinya adalah TAKE ACTION, coba dulu, seorang ahli belum bisa dikatakan sebagai ahli sebelum 10.000 latihan dan menekuni suatu bidang.

“Kegagalan bukanlah hal yang salah, sang salah itu gagal dan berhenti karena tidak ingin gagal lagi.”

3. Temukan Inspirasimu !

cara agar menguatkan mental - temukan inspirasimu

Cara agar menguatkan mental selanjutnya adalah, temukan inspirasimu.

Dalam agama islam inspirasi, suri tauladan terbaik umat manusia adalah Nabi Muhammad SAW. Manusia terbaik di alam dunia, dari beliaulah segala sifat dan perbuatan kebajikan.

Mengapa mempunyai seorang inspirator itu penting?

Karena dari beliau-beliaulah lah kita semua belajar cara beliau meraih kesuksesan dan cara bangkit dari kegagalan. Yuk temukan Inspirasimu !!!

“Jangan ragu untuk memulai. Jika kamu sukses maka kamu akan berbahagia. Jika kamu gagal kamu akan belajar.” – Mario Teguh –

Baca Juga : Fokus Pada Proses Bukan Hasil 

4. Berlatih Sampai Tertatih-Tatih !

cara agar menguatkan mental - terus berlatih

Cara agar menguatkan mental ke-4 adalah. Terus berlatih tanpa lelah dan letih.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil.”

Jangan terhenti karena apapun. Masalah, hambatan, dan rintangan yang datang tidak mungkin melebihi batas kemampuan kamu, seperti janji Allah SWT.

Semua itu datang karena kita sanggup untuk menaklukannya, jangan berhenti, terus berlatih meski harus sampai tertatih-tatih. Yakinlah semua impian pasti bisa diraih. Mangatttt…

5. Jalani Proses Dahulu Nikmati Hasil kemudian

cara agar menguatkan mental - jalani proses

Menjalani proses adalah cara menguatkan mental yang terakhir. Proses tidak selalu mulus, kadang kala kita harus bertemu dengan persimpangan pilihan, ataupun tanjakan ujian. Tapi dari situlah kita bertemu dengan pilihan terbaik, bertemu dengan turunan yang melegakan.

Dari beratnya proses yang sedang kamu jalani adalah bibit dari buah keberhasilan jika kamu beruntung.

Jalani, jalani ,jalani. Jangan mengeluh lagi terus berproses dan berjuang.

Jadilah orang yang berbahagia karena telah melalui proses yang penuh derita.

Nah, itu dia pembahasan mengenai istilah ‘kena mental’ yang lagi viral juga cara agar menguatkan mental. Semoga bermanfaat untuk anda semua, intinya adalah take action. Ilmu tidak akan bermanfaat jika tidak dipraktekan.

Share testimoni teman-teman semua telah menerapkan 5 cara agar menguatkan mental diatas dikolom komentar yaa. Share ini ke semua keluarga, teman yang juga membutuhkan informasi ini. Yuk saling mengingakatkan dan mendukung dalam kebaikan.

Baca Juga : Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Kini

 

 

Recommended For You

About the Author: Shelli Afriyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *